Hari ini dalam sejarah

  • Whatsapp
Thomas Alva Edison (sumber foto: voi.id)

Kilas Balik, aksaranews.com – Tanggal 08 Agustus adalah hari ke-220 (hari ke-221 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian. Banyak peristiwa bersejarah yang perlu kita ketahui. Sebagai bahan edukasi untuk pembaca, berikut redaksi sajikan sejumlah peristiwa bersejarah Dunia yang terjadi pada hari ini.

08 Agustus 1220 : Sejarah mencatat Swedia dikalahkan oleh suku Estonia dalam Pertempuran Lihula, resminya Republik Estonia, sebuah negara berdaulat di kawasan Baltik di Eropa Utara. Estonia berbatasan dengan Teluk Finlandia di utara, dengan Laut Baltik di barat, dengan Latvia dan Teluk Riga di selatan (343 km), dan Danau Peipus (Peipsi) dan Rusia di timur (338,6 km).

Bacaan Lainnya

Kota terbesar sekaligus pusat pemerintahan Estonia adalah Tallinn. Dengan populasi sejumlah 1,34 juta jiwa, Estonia menjadi salah satu negara berpenduduk tersedikit di Uni Eropa, Zona Euro, dan NATO. Kini, Estonia memiliki produk domestik bruto per kapita yang tinggi di antara bekas republik-republik Soviet.

08 Agustus 1605 : Sejarah mencatat Kota Oulu, Finlandia didirikan oleh Charles IX dari Swedia. Oulu merupakan kota yang terletak di Finlandia bagian tengah. Penduduknya berjumlah 128.000 jiwa (2005).

08 Agustus 1786 : Sejarah mencatat Mont Blanc di perbatasan Prancis – Italia didaki pertama kalinya oleh Jacques Balmat dan Dr Michel -Gabriel Paccard. Mont Blanc juga dikenal sebagai La Dame Blanche (Wanita Putih) dalam bahasa Italia, adalah gunung tertinggi di Eropa barat dengan ketinggian sekitar 4.810 meter.

Gunung ini bagian dari Pegunungan Alpen. Gunung Blanc terkenal sebagai tempat untuk kegiatan olahraga mendaki gunung dan ski.

08 Agustus 1876 : Sejarah mencatat Thomas Edison menerima paten stensil-nya. Stensil digunakan untuk mencetak materi kelas, pekerjan kantor, dan buletin gereja. Seiring kemajuan teknologi, fotokopi dan metode pencetakan lainnya menjadi jauh lebih populer. Patennya mencakup proses duplikasi flatbed serta pena listrik yang membentuk stensil.

08 Agustus 1929 : Sejarah mencatat Pesawat Jerman Graf Zeppelin memulai penerbangan keliling dunia. Zeppelin atau Zepelin adalah balon udara berbentuk cerutu raksasa yang dapat terbang terarah karena mempunyai mesin dan kemudi. Balon tersebut dinamai sesuai dengan perancangnya Ferdinand Adolf Heinrich August von Zeppelin, seorang ahli aeronautika dari Jerman yang berhasil menerbangkannya untuk pertama kali tanggal 2 Juli 1900.

Puncak kejayaan zeppelin berjalan pada tahun 1930-an. mengoperasikan penerbangan trans-Atlantik dari Jerman ke Amerika Utara dan Brasil.

08 Agustus 1960 : Sejarah mencatat Kasai Selatan melepaskan diri dari Kongo. Kasai Selatan adalah negara yang tidak diakui yang memisahkan diri dari Republik Demokratik Kongo pada masa Krisis Kongo dan berupaya memperoleh otonomi yang lebih besar.

Namun, tidak seperti Katanga, Kasai Selatan tidak secara gamblang menyatakan kemerdekaan penuh dari Kongo. Pemimpin Kasai Selatan adalah Albert Kalonji yang merupakan perwakilan faksi gerakan nasionalis Mouvement National Congolais-Kalonji (atau MNC-K) sebelum pross dekolonisasi.

08 Aguatus 1967 : Sejarah mencatat Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) didirikan oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapore, dan Thailand. ASEAN merupakan sebuah organisasi geopolitik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, yang didirikan di Bangkok.

Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, memajukan perdamaian dan kestabilan di tingkat regional, serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan damai.

08 Agustus 1990 : Sejarah mencatat Irak menginvasi Kuwait. Tak lama kemudian, hal ini menimbulkan Perang Teluk. Invasi Irak ke Kuwait disebabkan oleh kemerosotan ekonomi Irak setelah Perang Delapan Tahun dengan Iran dalam Perang Iran-Irak. Perang Teluk ini juga dikenal dengan Gulf War atau Operasi Badai Gurun.

Sumber: wikipedia.org

Pos terkait