Ini event besar yang akan diikuti Tegar Sumendap atlit catur berbakat asal Buyat

  • Whatsapp
Tegar Sumendap, atlit catur asal Buyat akan mengikuti dua event besar pada tahun 2021 (aksaranews.com/Riswan Hulalata)

Boltim, aksaranews.com Tegar Sumendap atlit catur berbakat asal Desa Buyat, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) tahun ini akan mengikuti event kejuaraan besar.

Hal ini disampaikan Tegar saat jurnalis aksaranews.com bertandang di kediamannya di Desa Buyat Barat, Kecamatan Kotabunan beberapa waktu lalu.

Bacaan Lainnya

Di dalam rumah berukuran 5×7 beratap daun rumbia ini, Tegar mengatakan rencananya akan mengikuti 2 event kejuaraan besar pada bulan November dan Desember.

Untuk bulan November tempatnya di Bangka Belitung dalam event Kejurnas yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 6 November 2021.

Sedangkan untuk yang bulan Desember, itu tempatnya di Lolak dalam event Pekan Olahraga Provinsi (Porprov).

“Untuk tanggal pelaksanaan masih belum ditetapkan tapi untuk Bulan dan tempat pelaksanaan sudah dipastikan,” ucapnya, Jumat (02/07/2021).

Tegar Syarat Prestasi Minim Perhatian Pemerintah

Tegar Khadafi Pratama Sumendap, 17 tahun, adalah putra pertama pasangan suami-istri Jemi Sumendap dan Lisa Mokoagow.

Ia lahir di Desa Buyat, Kecamatan Kotabunan, 9 Januari 2004. Putra kedua pasangan ini berusia 9 tahun, bernama Afandi Sumendap.

Tegar saat ini duduk di bangku kelas III SMAN 9 Manado. Tegar merupakan atlit muda catur yang sudah melanglang ke beberapa daerah.

Tegar pun menceritakan, prestasi yang ia peroleh selama ini tak sebanding dengan perlakuan pemerintah yang terkesan luput dari perhatian.

Untuk Proses latihan yang Tegar sedang jalani sekarang agak berjalan lambat karena tidak ada mentor yang membimbing Tegar dalam proses latihan.

Tegar cuma bermodalkan baca buku lalu praktekan dengan komputer atau Smartphone untuk cek hasil dari kemajuan pelatihan.

Dan untuk menyempurnakan hasil latihan Tegar untuk sekarang cuma bisa main Catur online, karena kalo cuma dengan komputer terkesan monoton dan gaya main tidak berkembang.

Tegar bersama ibunya Lisa Mokoagow saat menunjukkan piagam penghargaan dan sertifikat juara kejuaraan Catur (aksaranews.com/Riswan Hulalata)

Bermain Catur Sejak Usia Sekolah Dasar

Bakat dan prestasi catur Tegar diawali sejak dia duduk di bangku SD. Saat kelas I SD, Tegar yang baru berusia 7 tahun berhasil menjadi juara IV di 02SN tingkat Provinsi Sulawesi Utara.

Dia juga pernah berlaga di O2SN tingkat nasional di Kalimantan pada 2012. Saat itu Tegar masih duduk di kelas III SD. Dia mewakili Sulut di cabang olahraga catur setelah menjuarai lomba tersebut di tiga tingkatan O2SN, tingkat kecamatan, kabupaten dan provinsi.

Pos terkait