Gempa Magnitudo 5.0 guncang Tutuyan Boltim, BPBD: Waspada gempa susulan

  • Whatsapp
Gempa Magnitudo 5.0 guncang Tutuyan Boltim, BMKG: Waspada gempa susulan
Sekretaris BPBD saat meninjau Warning receiver system atas Gempa Magnitudo 5.0 guncang Tutuyan Boltim (aksaranews.com/Riswan Hulalata)

Boltim, aksaranews.com Gempa bumi dengan magnitudo 5,0 terjadi di tenggara Tutuyan Boltim, Rabu (14/04/2021) pukul 07.25 WIB. Gempa diinformasikan tak berpotensi tsunami.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui aplikasi resmi menjelaskan pusat gempa berada di titik koordinat 0.18 Lintang Selatan dan 125.32 Bujur Timur.

Bacaan Lainnya

Tepatnya di tengah laut Maluku, Jarak pusat gempa dengan daratan 130 KM tenggara Tutuyan – Boltim.

BMKG memastikan, gempa dengan kedalaman 10 km itu tidak berpotensi Tsunami. Namun masyarakat tetap diminta waspada potensi terjadinya gempabumi susulan.

Sekretaris Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Biktor Arunda, S.Pd, M.MPd, membenarkan adanya gempa di wilayah tenggara Tutuyan Boltim dengan kedalaman 10 Kilometer namun tidak berpotensi tsunami.

“Langkah yang patut kami perhatikan tentunya dalam kewaspadaan yang ada walaupun yang terjadi di daerah kita ini. Namun kita tetap siap siaga dalam hal untuk mengantisipasi terjadi gempa susulan,” ucap Biktor Arunda didampingi teknisi Warning receiver system Zulfatar Monoarfa, S.Kom.

Sebelumnya gempa bumi dengan magnitudo 5,2 terjadi di laut Maluku, Selasa (13/04/2021) pukul 22.47 WIB. Pusat gempa berada di titik koordinat 0.71 Lintang Utara dan 126.10 Bujur Timur, 135 tenggara Bitung – Sulawesi Utara, dengan kedalaman gempa 10 kilometer

Gempa juga diinformasikan tak berpotensi tsunami.

Pewarta: Riswan | Editor: Redaksi

Pos terkait