Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

Kilas Balik Aksara

Kilas Balik, Aksaranews.com – Tanggal 10 Oktober adalah hari ke-283 (hari ke-284 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian. Banyak peristiwa bersejarah yang perlu kita ketahui. Sebagai bahan edukasi untuk pembaca, berikut redaksi sajikan sejumlah peristiwa bersejarah Dunia yang terjadi hari ini.

Tahun 680, Milenium ke-1, Abad ke-7, Dasawarsa 680-an : Sejarah mencatat terbunuhnya cucu Nabi Muhammad, Husain bin Ali dalam pertempuran Karbala oleh pasukan Yazid bin Muawiyah yang tidak disetujui Husain untuk menjadi khalifah. Pertempuran ini kemudian diperingati setiap tahunnya selama 10 hari yang dilakukan pada bulan Muharram oleh Syi’ah seperti halnya segolongan Sunni, di mana puncaknya pada hari kesepuluh, Hari Asyura.

10 Oktober 1780 : Sejarah mencatat terjadinya topan dahsyat di kawasan Karibia yang menewaskan sekitar 20.000-30.000 jiwa. Topan merupakan angin kencang dengan kecepatan angin 120 km/jam atau lebih yang terjadi di khatulistiwa. Angin topan disebabkan oleh perbedaan tekanan dalam suatu sistem cuaca dengan jarak minimal 500 km dari garis khatulistiwa.

10 Oktober 1846 : Sejarah mencatat ditemukannya satelit Neptunus bernama Triton oleh William Lassel yang merupakan seorang pedagang dan astronom Inggris. Lassell meninggal di Maidenhead pada tahun 1880. Namanya dikenang sebagai nama kawah di Bulan dan Mars, serta asteroid 2636 Lassell.

10 Oktober 1861 : Sejarah mencatat ditemukannya NGC 32, sebuah asterisme yang berada di rasi bintang Pegasus oleh Johann Friedrich Julius Schmidt, seorang astronom Jerman dan ahli asterisme.

10 Oktober 1964 : Sejarah mencatat dibukanya Olimpiade musim panas 1964 di Tokyo, Jepang. Olimpiade adalah ajang olahraga Internasional empat tahunan yang mempertandingkan cabang-cabang olahraga musim panas dan musim dingin serta diikuti oleh ribuan atlet yang berkompetisi dalam berbagai pertandingan olahraga. Olimpiade merupakan kompetisi olahraga terbesar dan terkemuka di dunia, dengan lebih dari 200 negara berpartisipasi.

10 Oktober 1973 : Sejarah mencatat Wakil Presiden Amerika Serikat Spiro Agnew mengundurkan diri dari jabatannya. Agnew adalah Wakil Presiden Amerika Serikat yang ke-39 dan menjabat dari tahun 1969 sampai 1973 dibawah Presiden Richard M. Nixon.

10 Oktober 1986 : Sejarah mencatat sebuah gempa bumi mengguncang San Salvador, El Salvador. Berdasarkan catatan, sekitar 1.500 orang tewas dalam kejadian tersebut. San Salvador adalah ibu kota sekaligus kota terbesar El Salvador. Penduduknya berjumlah 526.000 jiwa (2004).

10 Oktober 1987 : Sejarah mencatat dinyatakannya Fiji sebagai Republik oleh Pemeeintahan Militer pimpinan Sitiveni Rabuka. Fiji adalah sebuah negara kepulauan di selatan Samudra Pasifik, di sebelah timur Vanuatu, sebelah barat Tonga, dan sebelah selatan dari Tuvalu. Fiji memiliki 322 pulau, 106 di antaranya berpenghuni. Selain itu ada pula 522 pulau kecil. Kedua pulau terbesar adalah Viti Levu dan Vanua Levu yang penghuninya meliputi 82% dari keseluruhan penduduk negara ini. Nama Fiji adalah sebuah kata kuno dalam bahasa Tonga untuk kepulauan itu, yang pada gilirannya berasal dari nama dalam bahasa Fiji, Viti.

10 Oktober 2005 : Sejarah mencatat diumumkannya Angela Merkel sebagai Kanselir Jerman terpilih. Dalam politik Jerman, Kanselir setara dengan seorang perdana menteri di banyak negara lain. Jerman memiliki dua terjemahan setara perdana menteri, yaitu Premierminister dan Ministerpräsident. Premierminister biasanya mengacu pada kepala pemerintahan dari negara-negara asing (misalnya, Britania Raya), sedangkan Ministerpräsident juga dapat merujuk kepada kepala pemerintah sebagian besar negara bagian jerman.

10 Oktober 2007 : Sejarah mencatat Sheikh Muszaphar Shukor, orang Malaysia pertama yang meluncur ke angkasa menaiki pesawat Rusia Soyuz TMA-11.

10 Oktober 2010 : Sejarah mencatat negara Antillen Belanda dibubarkan dan membentuk negara konstituen Curaçao dan Sint Maarten serta Kepulauan BES yang semuanya menjadi bagian Kerajaan Belanda.

(Sumber: wikipedia.org)

"Mau Berita Terbaru Lainnya dari aksaranews.com? Yuk Follow Kami di Google News"