Cegah penyakit akibat banjir, Pemkab Bantaeng dirikan pos kesehatan dibeberapa titik

  • Whatsapp
Suasana disalah satu Pos Kesehatan yang didirikan Pemkab Bantaeng untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat setempat. (AKSARA/Foto: Muhammad Ramli)

Bantaeng, aksaranews.com – Guna mencegah penularan penyakit akibat banjir yang melanda Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) pada, Rabu (07/07/2021) malam, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas terkait langsung berinisiatif mendirikan pos kesehatan dibeberapa titik.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun wartawan aksaranews.com, sebanyak 11 pos kesehatan sudah didirikan untuk tanggap banjir yang tersebar disejumlah lokasi yang terdampak.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantaeng, dr. Andi Ihsan mengungkapkan bahwa, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan jajaran Kepala Puskesmas untuk ikut serta mengambil bagian dalam pengendalian masalah kesehatan kepada penduduk terdampak banjir.

“Tujuan dibukanya pos kesehatan ini tiada lain untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir, guna mencegah masalah kesehatan dari beberapa pos bersama jajaran kepala Puskesmas,” ungkap Andi Ihsan, Kamis (08/07/2021).

Andi menuturkan, pihaknya telah mengambil langkah strategis untuk menangani masalah kesehatan yang mungkin terjadi akibat banjir. Bahkan beberapa pihak juga turut dilibatkan untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir.

Tampak Bupati Ilham Azikin saat melakukan peninjauan pagi tadi ke salah satu titik wilayah yang terdampak banjir. (AKSARA/Foto: Muhammad Ramli)

Menurut Andi, layanan kesehatan yang diberikan pihaknya berserta pihak-pihak yang terlibat diberikan secara gratis untuk membantu masyarakat. Selain itu, dalam pelayanan kesehatan, pihaknya juga menyediakan layanan kesehatan mobile melalui Brigade Siaga Bencana (BSB).

“Tim UPT Lontara BSB melayani secara bergerak atau mobile dari lokasi terdampak yang satu ke lokasi lainnya, dengan langkah ini akan memberikan jaminan rasa aman bagi masyarakat terdampak banjir,” tuturnya.

Terkait layanan kesehatan cepat ini, Andi menyampaikan bahwa, masyarakat bisa mengakses langsung atau menghubungi Call Center UPT Lontara BSB Bantaeng di 119, 0413-21408, atau 0853 98972949.

Sekedar diketahui, berikut titik Pos Kesehatan Tanggap Banjir yang telah dirikan Pemkab Bantaeng melalui Dinas terkait yang tersebar disejumlah titik.

1. Wilayah Puskesmas Bissappu: Kantor Lurah Bonto Atu (Tim pkm campagaloe), Jalan Monginsidi (Tim pkm sinoa), Sasayya, sebelah PT wings (Tim pkm Bissappu), Kaili (Tim pkm Bissappu).

2.Wilayah Puskesmas Kota: Jalan Kenanga
Garegea,Lorong Papan

3.Wilayah Puskesmas Lasepang: Gusung,Cedo

4.Wilayah Puskesmas Kassi-Kassi, Lambocca, Boddong

5. Pelayanan Bergerak/Mobile
UPT Lontara BSB Bantaeng.

Pewarta: Ramli | Editor: Redaksi

Pos terkait