Kantor Pertanahan sediakan 5000 sertifikat gratis bagi warga Boltim

  • Whatsapp
Yandri Rorry Kepala Pertanahan Kabupaten Boltim (Foto: Riswan Hulalata/aksaranews.com)

Boltim, aksaranews.com Kantor Pertanahan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menyediakan sertifikat gratis bagi 5.000 bidang tanah untuk masyarakat Boltim.

Sertifikat gratis ini merupakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Boltim Yandri Rorry dalam jumpa pers, pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM), di Caffee Strawberry, Rabu (15/09/2021).

Kata Yandri, dari total target pengadaan 5.000 sertifikat, belum sepenuhnya terealisasi bahkan belum mencapai 20 persen.

“Sampai September ini baru sekitar 1.700an bidang yang sudah disertifikasi. Artinya, masih ada 3.000an bidang lagi jatah sertifikat yang belum dimanfaatkan,” kata Yandri.

Lebih lanjut, ia menerangkan terkait biaya pengurusan sertifikat tidak memberatkan masyarakat. Biaya tersebut telah ditentukan untuk satu bidang tanah senilai Rp200 ribu.

“Jadi untuk harga tersebut baik besar kecil sebidang tanah dihitung sama, satu bidang tanah Rp200 ribu untuk satu sertifikat,” terangnya.

Yandri pun berharap, peran pemerintah desa dalam mensosialisasikan dan menggenjot peran masyarakat dalam program sertfikat tanah gratis tersebut.

Pewarta: Riswan | Editor: Redaksi

Pos terkait