Bantaeng bakal miliki sumber ekonomi baru dibidang kelautan dan perikanan

  • Whatsapp
Ditjen PDSPKP, Machmud saat berbincang dengan beberapa perwakilan dari Pemda Bantaeng. (AKSARA/Foto: Muhammad Ramli)

Bantaeng, aksaranews.com — Upaya Pemerintah Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam menjaga ketahanan pangan khususnya di sektor kelautan dan perikanan akhirnya memberikan hasil yang baik bagi peningkatan perekonomian daerah.

Hal ini menyusul dengan akan dibangunnya sentra kuliner olahan perikanan sebagai sumber ekonomi baru di Daerah tersebut oleh pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI).

Bacaan Lainnya

Direktur Pemasaran Direktorat Jendral Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (Ditjen PDSPKP), Machmud mengatakan, setelah meninjau lokasi yang akan dibangun sentra kuliner olahan perikanan di Bantaeng, maka akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

“Tentu dengan hadirnya sentra kuliner olahan perikanan yang sebentar lagi akan dibangun di Bantaeng dengan komoditas yang paling dominan untuk dikonsumsi adalah Ikan-ikan segar dari hasil tangkapan nelayan, maka akan menjadi daya tarik pengunjung,” kata Machmud saat penyampaikan sambutan dalam pelaksanaan Safari Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan) bersama Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Azikin Solthan di Gedung PKK Bantaeng, Kamis (10/06/2021).

Machmud menjelaskan, selain bertujuan meningkatkan ketahanan pangan dibidang kelautan dan perikanan, pembangunan sentra kuliner olahan perikanan tersebut juga dimaksudkan untuk menggenjot daya konsumsi ikan masyarakat Bantaeng dan pengunjung serta meningkatkan perekonomian.

Menurutnya, salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan perekonomian dalam suatu daerah yakni dengan memanfaatkan komoditi hasil tangkapan ikan nelayan selebihnya adalah inovasi-inovasi yang mendongkrak bahkan dapat memulihkan perekonomian.

“Bantaeng ini memiliki potensi besar ketika kita butul-betul serius menggarakkan sentra kuliner olahan perikanan yang sebentar lagi akan dibangun, bukan tidak mungkin akan menjadi terbaik di tingkat nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPR RI, Azikin Solthan dalam sambutannya, mengapresiasi kinerja Bupati Bantaeng dalam menjaga ketahanan pangan sehingga mendapat penghargaan terbaik di tingkat nasional.

“Bantaeng ini menjadi contoh ketahanan pangan terbaik ditingkat provinsi maupun ditingkat nasional, maka dari itu saya berharap kepada pemerintah kabupaten bantaeng agar tetap mempertahankan ketahanan pangan yang baru-baru saja mendapatkan penghargaan terbaik tingkat nasional,” ucap Azikin Solthan.

Sekedar diketahui, sentra kuliner olahan perikanan yang tidak lama lagi pelaksanan pembangunannya ini, menurut rencana akan dipusatkan di pantai seruni Bantaeng.

Pewarta: Ramli | Editor: Redaksi

Pos terkait