Sambut kemerdekaan RI ke-76, Polres bantaeng lakukan vaksinasi presisi merdeka

  • Whatsapp

Bantaeng, aksaranews.com Dalam rangka menyambut HUT RI ke-76 Kepolisian resor Polres Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar Vaksinasi Presisi Merdeka, yang berlangsung di Aula Endra Dharmalakaksana 99 Polres Bantaeng, Kamis (12/08/2021) pagi.

Kapolres Bantaeng AKBP Rachmat Sumekar mengatakan, Vaksinasi Merdeka yang digelar ini sesuai dengan perintah Bapak Kapolri dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Vaksinasi Presisi Merdeka kita gelar sebagai strategi vaksinasi saat Peringatan Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia, 17 Agustus mendatang,” kata Kapolres AKBP Rachmat Sumekar Kepada Media ini disela-sela VaksinSi.

Ia menjelaskan, Vaksinasi Presisi Merdeka ini menyasar masyarakat bantaeng khususnya, yang belum mendapatkan suntikan vaksin pertama dan dua. “Selain itu polres Bantaeng juga menyediakan mobil Dokkes Vaksin keliling  agar bisa langsung menjangkau masyarakat,” ujarnya.

Lanjut Ia menjelaskan, gerai “Vaksinasi Merdeka ” merupakan langkah Polri mendukung program vaksinasi Covid-19 nasional untuk mencapai kekebalan komunal atau herd immunity masyarakat.

“Vaksinasi dilakukan dalam rangka menekan angka penyebaran Covid-19, harapanyya masyarakat kembali pulih, ekonomi pulih dan segera normal kembali,” ucapnya.

Meski sudah divaksin, Ia mengimbau, agar masyarakat tetap waspada terhadap virus covid-19 dengan selalu menerapkan protokol kesehatan 5 M. “Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi,” pungkasnya.

Kasi Dokkes Polres Bantaeng Bripka Syamsul Ikhwan Jabbar, S.Kep.,Ns.,M.M.Kep,  mengatakan, bahwa Vaksinisi Presisi Merdeka hari ini berkerjasama dengan Dinkes Bantaeng dengan sejumlah Vaksinator 4 dari Puskesmas dan 1 dari Dokkes Polres Bantaeng sendiri, dengan target 1.000 vaksin.

Adapun jenis vaksin yang dipakai hari ini merupakan vaksin Sinovac menggunakan jenis Sinovac sistem multi dose. “Yang diformulasikan oleh Bio Farma, namanya COVID Bio dan dikemas dalam bentuk satu botol berisi 5 cc untuk 10 orang, jadi multi dose. Pada praktiknya biasanya terpakainya untuk 8-10 orang,”ujarnya

Sementara ditempat yang sama Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantaeng dr.Andi Ishan yang juga selaku Jubir penanganan Satgas Covid-19 di Kabupaten Bantaeng, mengucapkan banyak terima kasih kepada Polres Bantaeng yang ikut andil membantu pemerintah daerah dalam mempercepat Vaksinisi di wilayah bantaeng.

“Sebab kasus Covid-19 di kabupaten Bantaeng meningkat akhir pekan ini secara keseluruhan mencapai 1.833 kasus, yang tergabung mulai dari kasus Positif sebanyak 947 kasus, Isolasi Mandiri 57 kasus, dan yang sembuh 861 orang, kemudian yang meningal sebanyak 25 orang, sedangkan jumlah kasus Positif Covid-19 saat ini pertanggal 11 Agustus 2021 sebanyak 61 orang”,Ucap dr.Andi Ihsan saat pemantauan Vaksinisi dipolres Bantaeng.

Lanjut ia menambahkan bahwa Update Vaksinasi Covid-19 kabupaten Bantaeng saat ini pertanggal 10 Agustus 2021. “Dengan total sasaran Vaksinasi sebanyak 154.765 sasaran, kemudian yang sudah di Vaksin sebanyak 33.152 orang,  jadi total vaksin hari ini mencapai 21.152 Persen,” terangnya.

“Terakhir mengingat bantaeng saat ini, masih dalam status zona orange. Maka dari itu  kedepannnya kami bersama jajaran Satgas Covid-19 terus berupaya untuk melakukan berbagai langkah untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di bantaeng,” tutupnya.

Pewarta: Ramli | Editor: Redaksi

Pos terkait