Sambut hari World Clean Up Day 2021, Ini yang dilakukan DLH Bantaeng

  • Whatsapp

Bantaeng, aksaranews.com Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng melalui Dinas Ligkungan Hidup (DLH) memperingati World Clean Upd day 2021 atau Hari Kebersihan Dunia yang jatuh pada 18 September 2021.

DLH Bantaeng melaksanakan aksi Clean Up (gotong-royong membersihkan lingkungan) dengan aksi pilah sampah dari rumah untuk dibawa atau disetorkan ke Bank Sampah yang sudah disediakan oleh DLH Bantaeng.

Kepala DLH Kabupaten Bantaeng, Nasir Awing mengatakan untuk mendukung peringatan World Clean Up 2021 yang mengambil tema Bersatu untuk Indonesia Bersih, Pemkab Bantaeng melalui DLH Kabupaten Bantaeng sejak sepekan sudah melaksanakan aksi bersih lingkungan mulai lingkungan perumahan dan taman-taman hingga Pantai Seruni yang melibatkan komponen masyarakat setempat pada pagi hari.

“Sebelumnya pada pagi hari Jumat lalu (10/09/2021) Pemkab Bantaeng juga sudah melaksanakan aksi Program Jumat Bersih di Kawasan Hutan kota, Taman depan Kantor Bupati, taman samping Pos lantas polres Bantaeng dan lokasi lainnya,” ucap Nasir kepada media ini saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (15/09/2021).

Ditambahkannya, pada puncak peringatan World Clean Up Day 18 September 2021 mendatang, DLH sendiri sudah menggagas dua hari kegiatan dimulai 17 sampai 18 dimana pada tanggal 17 kita akan melakukan sosialisasi tentang bagaimana cara penanganan dan sekaligus pemilaan sampah.

Dimulai dari peran serta anak-anak kita tingkat SMA dan SMK kurang lebih 50 peserta yang akan ditempatkan di tribun pantai seruni bantaeng, berkolaborasi dengan Balang Insitute bagian lingkungan, dan penanggung jawab ICD Kabupaten, dari Pengolah Bank Sampah, Serta Sponsor yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Kami dari DLH bersama teman-teman sangat yakin, kekita anak-anak memberikan pemahaman kepada orangtuanya ibu rumah tangga yang menyebar kemana-mana efek positifnya yang kita harapkan bahwa ternyata sampah itu tidak mesti langsung terbuang.Sebab ada nilai jual ekonomi disitu yang bisa dijual”, ujarnya.

“Kemudian dihari puncak nanti pada tanggal 18 September 2021 tetap kita akan ikutkan Anak-anak, karena nantinya juga kita akan lakukan sosialisasi bersih-bersih dipantai seruni dan penanaman pohon sebanyak 50 pohon serta dilanjutkan pemilaan dan sekaligus penimbangan oleh pengelolah bank sampah dengan melibatkan dua bank sampah”,sebutnya.

Diungkapkan Nasir, saat ini DLH Kabupaten Bantaeng memiliki beberapa buah Bank Sampah yaitu Bank Sampah Setara di Kantor DLH Kabupaten Bantaeng untuk melayani seluruh OPD dan masyarakat sekitar daerah ini.

“Alhamdulillah Bank Sampah ini sudah berjalan selama 1 tahun lebih hingga saat ini dan dua bank sampah lainnya kita simpan titik yang sudah ditentukan. Jadi kami sangat peduli dan serius dalam mengurus dan menangani bank sampah ini,”bebernya.

Dilanjutkannya nantinya DLH membuka layanan dan menerima sampah yang sudah dipilah masyarakat sendiri dari rumah untuk ditimbang dan dijual ke Bank Sampah.

“Diakuinya dengan adanya layanan Bank Sampah ini sebagai salah satu upaya untuk mengurangi dan mengatasi masalah persampahan di Kabupaten Bantaeng dengan melibatkan masyarakat langsung untuk memilahnya sendiri dari rumah masing-masing”, ujarnya.

“Sampai saat ini sudah cukup banyak dan cukup antusias masyarakat yang memanfaatkan keberadaan bank sampah ini, seperti ada yang disekitar OPD di lingkungan Pemkab Bantaeng, Polres Bantaeng dan masyarakat sekitar sini menyetorkan sampah ke bank sampah untuk di tabung,”tandasnya.

Sekedar diketahui, bahwa puncak kegiatan hari bersih sedunia tanggal 18 September 2021 yang akan dipusatkan di pesisir Pantai Kampung Tamalange, Kelurahan Lembang, Kabupaten Bantaeng.

Pewarta: Ramli | Editor: Redaksi

Pos terkait