Rakor bulanan, PKK Bantaeng fokus tangani stunting dan tekan angka kematian ibu dan bayi

  • Whatsapp

Bantaeng, aksaranews.com Guna menjaga sinegritas antar TP-PKK dari tingkat desa hingga kecamatan, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahtraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan (Sul-sel)  menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) tingkat kabupaten bantaeng, Kamis(27/05/2021).

Kegiatan tersebut di laksanakan di Gedung Balai Kartini Bantaeng, dalam rangka mensenergikan program-program yang dilaksanakan TP PKK Bantaeng dibawah asuhan Hj. Sri Dewi Yanti.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantaeng Hj. Sri Dewi Yanti menyampaikan, kegiatan rapat koordinasi (Rakor) ini merupakan rangkaian kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap bulan, guna untuk memberikan  beberapa arahan kepada para pengerak PKK kecamatan yang dirangkaikan dengan halal bi hahal dengan moment yang tepat.

Dalam arahannya kepada para Tim Penggerak PKK kecamatan dan tingkat desa menyampaikan beberapa masalah -masalah yang dihadapi sekarang ini, seperti yang dijelaskan Kemendagri Tito Karnavian memberikan tekanan kepada para Tim Penggerak PKK untuk fokus mengenai stunting dan menekan angka kematian ibu dan bayi.

“Jadi kita sebagai tim penggerak PKK merupakan mitra pemda bantaeng untuk membantu dan menekan laju angka kematian dan stanting ibu dan bayi dibantaeng”,ujar Sri Devi Yanti

Pada Kegiatan rapat koordinasi (Rakor) ini terfokus pada mengenai stunting yang dirangkaikan dengan halal bil halal.

Intinya kata ketua PKK bagaimna menjalin silaturahim dan berbuat kebaikan, sehingga  pengurus TP PKK tingkat kabupaten dan tingkat desa hingga kecamatan dapat memberikan energi positif terhadap masyarakat kabupaten Bantaeng.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Tim Penggerak PKK kabupaten Bantaeng dengan beberapa Program pokoknya, memberikan upaya pemerintah dalam mengembangkan kesejahteraan keluarga dan merupakan salah satu unsur pelaku pembangunan sehingga patut berperang aktif dalam upaya pemberdayaan masyarakat terutama melalui cara  pendekatannya yang luwes dan penuh kekeluargaan.

Menurutnya, eksistensi PKK telah diakui dan dibutuhkan, akan tetapi  dalam pelaksanaan program-programnya tetaplah dibutuhkan dukungan dari semua pihak baik internal maupun eksternal.

Organisasi didukung secara internal dan adanya koordinasi yang baik, dimana salah satu elemen adalah pentingnya koordinasi jenjang kepengurusan serta kinerja kader dan anggota TK PKK yang semakin meningkat dan profesional seiring dengan perkembangan zaman, sementara didukung dengan OPD terkait dengan ketersediaan anggaran yang memadai.

“Melalui Koordanasi yang baik akan muncul program yang singnifikan dalam mencapai tujuan PKK apabila didukung dengan program yang inovatif yang ada baik dinas terkait maupun PKK sendiri,” ujarnya

Ia berharap melalui kegiatan rapat koordinasi ini dapat dijadikan sebagai ajang informasi dan Kegiatan yang akan dilaksanakan antara dinas terkait dan TP PKK kabupaten bantaeng dan kecamatan yang di mana program-program yang ada hendaknya disesuaikan dengan kondisi pada masa pandemi saat sekarang ini.

Selain itu harapannya yang akan diperoleh pengatahuan yang baru dan solusi-solusi cemerlang sebagai pemecahan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masing-masing daerah.

“Disamping itu juga ia berpesang agar senantiasa selalu menerapkan protokol kesehataan agar kedisiplinan kita akan mengurangi resiko terkena Covid-19 ini,” tutupnya.

Pewarta: Ramli | Editor: Redaksi

Pos terkait