Puluhan qori dan qoriah di Boltim ikut seleksi tilawatil Quran tingkat Kabupaten

  • Whatsapp
Pembukaan STQH dihadiri Bupati Boltim, Wakil Bupati Boltim, ketua NU Sulut, Kepala Kemenag Boltim, Asisten Setda Boltim dan Camat Mooat (aksaranews.com/Noval Mamonto)

Boltim, aksaranews.com Puluhan qori dan qoriah atau penghafal Al-Quran siap mengikuti Seleksi Tilawil Quran (STQ) tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Rabu (19/05/2021).

Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits yang ke-VI ini, dilaksanakan di Masjid Al-Ikhlas Desa Mooat dengan tema melalui STQH Kabupaten Boltim tahun 2021, kita wujudkan generasi maju dan berakhlak mulia berlandaskan nilai – nilai Qur’an.

Bacaan Lainnya

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Boltim Ahmad Sholeh M.Pd menyampaikan bahwa, pelaksanaan STQH sejauh ini sudah puluhan peserta yang mendaftar dan memastikan diri mengikuti festival pemuliaan kitab suci Al-Quran dan hadits ini.

“Sudah 30 Qori dan qoriah yang terdaftar dan ditambah official jadi total 50 total. Seleksi Tilawatil Qur’an tingkat Kabupaten Boltim ini sudah yang ke-VI kalinya digelar di tiap kecamatan, hari ini Tilawatil Qur’an digelar di Desa Mooat dan insya Allah berjalan lancar,” kata Ahmad Sholeh.

Sementara itu Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto S.Sos, saat membuka kegiatan STQH mengucapkan selamat datang kepada para peserta STQH yang merupakan utusan dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Boltim.

Menurutnya momen ini merupakan perdana di era kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Boltim Oskar Manoppo yang dapat bersilaturahmi dengan seluruh peserta STQH dan segenap masyarakat Desa Mooat.

Sachrul pun menuturkan, STQH merupakan media wadah dan syiar keagamaan yang efektif untuk menjadi daya dorong yang kuat dalam rangka memacu percepatan pembangunan terutama dari segi keagamaan.

“Kegiatan STQH merupakan agenda tahunan yang rutin dilaksanakan di Boltim. STQH dapat membangun akhlakul karimah dan menjadi wahana mencetak generasi Qurani, generasi yang mampu menyerap nilai-nilai Al-Quran,” ucap Sachrul Mamonto.

Lebih lanjut kata Sachrul, yang terpenting dalam kegiatan ini diharapkan menjadi peneguhan syiar Islam serta dapat menjadi barometer untuk mengukur hasil dari pembelajaran Al-Quran yang berlangsung di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Boltim

“Al-Quran juga menawarkan keteduhan batin bagi mereka yang mengamalkannya. Dengan menghayati ayat-ayat yang mengungkapkan rahasia alam di muka bumi ini,” terang Bupati.

Pewarta: Riswan Hulalata │ Editor: Redaksi

Pos terkait