Pemerintah Bantaeng bakal bangun sentra kuliner olahan perikanan di pantai Seruni

  • Whatsapp
Pemerintah Bantaeng bakal bangun sentra kuliner olahan perikanan di pantai Seruni
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Bantaeng Muhammad Tafsir

Bantaeng, aksaranews.com Pemerintah Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) berencana akan membangun sentra kuliner olahan perikanan di kawasan objek wisata pantai seruni Bantaeng.

Hal ini diutarakan langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Bantaeng Muhammad Tafsir, bahwa tujuan akan dibangunannya Sentra Kuliner olahan ikan tersebut, untuk mendukung peningkatan konsumsi masyarakat terhadap ikan dan mengembangkan wisata pantai seruni.

Bacaan Lainnya

Tafsir menjelaskan, berdasarkan surat edaran Wakil Bupati  Bantaeng, Drs. H. Sahabuddin terkait rencana akan dibangunnya Sentra Kuliner Olahan Perikanan yang akan ditempatkan di kawasan sentra Kuliner pantai seruni di belakang parkir area lapangan hitam.

Sehingga pihaknya mengimbau kepada pemilik atau pengelolah Cafee agar kiranya menertibkan atau membongkar serta memindahkan dengan kesadaran sendiri sampai batas batas yang ditentukan oleh pemerintah setempat.

Kata Tafsir, terkait dengan jumlah pelaku usaha UKM yang akan direlokasi dari lokasi pembangunan sentra kuliner olahan tersebut ada sebanyak 12 UKM.

“Tercatat ada 12 UKM yang berada dilokasi tersebut, hanya ada 5 pelaku UKM yang Aktif,” ucap Tasfir Kepada jurnalis aksaranews.com saat ditemui diruang kerjanya, senin (26/04/2021)

“Nantinya pelaku UKM yang akan direlokasi akan di tempatkan pada tempat yang sudah disediakan nantinya,” tambahnya.

Sementara itu, Kadis Perikanan dan Kelautan Bantaeng Rita S Pasha, mengungkapkan bahwa pembangunan sentra kuliner perikanan merupakan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan(KKP) RI  dengan anggaran 2,1 Milliar yang akan dibangun 12 petak toko.

“Di sentra kuliner perikanan akan diolah berbagai panganan berbahan dasar ikan seperti bakso ikan, nudget ikan, abon ikan dan lain sebagainya,” kata dia.

Selain memberdayakan tenaga-tenaga terampil dalam pengelolaannya, pihaknya juga akan melibatkan masyarakat sekitar.

“Masyarakat sekitar juga akan menjadi prioritas, karena keberadaan sentra kuliner olahan perikanan ini bertujuan untuk memacu peningkatan ekonomi masyarakat, Bantaeng” ungkapnya.

Tentu keberadaan Sentra Kuliner Perikanan juga dimaksud untuk memacu pada perkembangan objek wisata Pantai Seruni yang merupakan salah satu destinasi unggulan daerah.

“Sepanjang tahun Pantai Seruni selalu ramai dikunjungi wisatawan baik asing maupun domestik, keberadaan sentra kuliner olahan perikanan akan memberi warna tersendiri bagi mereka,” tutupnya.

Pewarta: Ramli | Editor: Redaksi

Pos terkait