KaPeKa Kecam Dugaan Malpraktek Oleh Seorang Oknum Dokter Di Salah Satu RSUD Bantaeng

Bantaeng – Kesehatan adalah hak fundamental setiap manusia. Namun, pemenuhan hak dasar di sektor kesehatan yang dijamin oleh Negara seringkali terbentur dengan tindakan tak terpuji oleh sebagian oknum Dokter.

Salah satu kasus yang menciderai citra dunia kesehatan yakni terendusnya dugaan malpraktek di salah satu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kabupaten Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) oleh seorang oknum Dokter Spesialis Kandungan.

Selain malpraktek, juga ada keluhan yang melaporkan terkait pelayanan dan tindakan kecurangan yang telah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir di RSUD tersebut,”Laporan yang ada sejak tahun 2017 sampai dengan sekarang,” cetus salah satu sumber yang menolak namanya dipublis.

Berangkat dari rentetan kasus tersebut, Koalisi Pemerhati Kesehatan (KaPeKa) Bantaeng yang di prakarsai Awal Nur Abdal mengecam keras tindakan oknum Dokter dengan mencetuskan sebanyak tujuh point tuntutan yang sebelumnya telah disepakati bersama perkumpulan individu, komunitas dan organisasi pemuda serta mahasiswa.

Adapun tuntutan – tuntutan tersebut diantaranya, Mencopot jabatan Direktur RSUD sebab dinilai lalai dalam menjalankan tugas sebagai pimpinan; Mengusut tuntas kasus dugaan malpraktek oleh Dokter Spesialis Kandungan RSUD Bantaeng; Mengusut tuntas kasus dugaan tindakan kecurangan pelayanan kesehatan yang dilakukan oknum Dokter Spesialis Kandungan; dan Mengusut penyalahgunaan fasilitas Rumah Sakit (RS) yang dijadikan tempat praktek oleh seorang oknum Dokter.

Selain itu, terdapat juga beberapa point yang memuat desakan terhadap Lembaga Eksekutif dan Legislatif agar segera melakukan tindakan antara lain, Mendesak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bantaeng untuk melakukan evaluasi RSUD Bantaeng; Mendesak DPRD Bantaeng melakukan evaluasi terkait mekanisme kerja sama antara Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantaeng; Mendesak Bupati Bantaeng untuk memberikan perhatian serius terhadap pelayanan kesehatan di RSUD Bantaeng. (***)

Reporter: Ramli│ Editor: Redaktur

Pos terkait