Jadi tersangka, SM terancam diberhentikan sementara dari PNS

  • Whatsapp
Ciendy Mongkaren, SH, MH

Boltim, aksaranews.com Sahrul Mamonto (46) tersangka kasus asusila pencabulan anak di bawah umur yang berstatus sebagai abdi negara di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) kini terancam diberhentikan sementara dari Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Hal ini seperti dikatakan Ciendy M. Ivo Mongkaren selaku Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Aparatur, Penilaian Kinerja Aparatur dan Penghargaan, BKPSDM Boltim, Senin (28/06/2021).

“Sesuai peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2017, pasal 276 huruf c, PNS diberhentikan sementara apabila ditahan karena menjadi tersangka tindak pidana,” kata Ciendy Mongkaren didamlingi kasubag Gusty Aditya.

Ciendy menjelaskan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Polres Boltim terkait dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oknum PNS tersebut.

“Sebagai PNS ada pasal yang dilanggar oleh pelaku. Sehingga pelaku diberhentikan sementara dari PNS sampai dengan ada putusan pengadilan yang tetap artinya inkrah,” kata Ciendy.

Ciendy menyebut, meski telah ditetapkan tersangka dan akan diberhentikan sementara sampai dengan proses penyelidikan dan penyidikan, pihaknya akan menunggu putusan pengadilan itu apakah dia bersalah atau tidak.

“Kalau tidak bersalah maka akan direhabilitasi nama nya. Tapi kalau tidak kami akan lakukan pemberhentian tetap,” tegas Ciendy.

Pewarta: Riswan | Editor: Redaksi

Pos terkait