228 Sekolah di Bantaeng mulai buka pelaksanan KBM tatap muka Juli mendatang

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bantaeng, Drs. Muhammad Haris, M.Si. (Aksara/Foto: Muhammad Ramli)

Bantaeng, aksaranews.com – Sebanyak 228 dari 288 sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat di Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akan membuka kembali pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka di bulan Juli 2021 mendatang.

Demikian seperti yang dikatakan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bantaeng, Drs.Muhammad Haris, M.Si bahwa, hal tersebut telah menjadi wacana Pemerintah Daerah (Pemda) yang akan dijalankan usai pelaksanaan vaksinasi bagi tenaga pendidik yang ditargetkan selesai pada Juni 2021.

Bacaan Lainnya

Disamping itu, Haris menerangkan, pelaksanaan KBM tatap muka ini juga mengacu pada surat keputusan bersama empat Menteri yang merujuk pada 3 hal penting.

“Pertama, izin dari pemerintah daerah yang mencakup kewenangan pelaksanaan ditutup atau dibukanya oleh Bupati; kedua, satuan pendidikan memenuhi daftar periksa kesehatan tata muka, termasuk persetujuan komite sekolah dan perwakilan orang tua atau wali; dan ketiga persetujuan org tua,” terang Haris kepada Aksaranews.com saat dikonfirmasi Via whatsapp. Jum’at (16/04/2021) siang tadi.

Meski begitu, terkait keputusan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam menetapkan kebijakan pendidikan dimasa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) ini kata Haris, prinsipnya adalah mengutamakan kesehataan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat.

Haris menuturkan, adapun rencana dibukanya kembali pembelajaran tatap muka untuk sekolah di Bantaeng, pihak Dikbud sendiri telah mempersiapkan mekanisme yang lebih ketat guna keselamatan dan kesehatan baik peserta didik maupun tenaga kependidikan.

“Mekanisme untuk KBM secara tatap muka ini nantinya juga melibatkan persetujuan orang tua, serta dalam pelaksanaannya tetap mengutamakan protokol kesehatan secara ketat. Selain itu, kami juga akan berkoordinasi di tingkat kecamatan, kelurahan/desa, dan RT RW dalam membantu memberikan informasi tentang kondisi siswa di lingkungan masing-masing, sehingga kesehatan dan keselamatan siswa bisa termonitor,” tuturnya.

Sekedar diketahui, sebanyak 228 sekolah tingkat SD, SMP dan SMA serta SMK di bantaeng yang akan membuka kembali pelaksanaan KBM secara tatap muka ini telah mendapat izin dari Bupati dan Sekolah-sekolah tersebut telah dipersiapkan sebagai piloting Sekolah dimasa pandemi Covid-19.

Pewarta: Ramli | Editor: Redaksi

Pos terkait