Pemerintah Boltim persiapkan mitigasi bencana di satuan pendidikan

banner 120x600

Boltim, aksaranews.com Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) tengah mempersiapkan mitigasi bencana di satuan pendidikan.

Hal ini ditandai dengan dilakukannya penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Dinas Pendidikan Kebudayaan, Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Boltim, Yusri Damopolii, SPd., MM., membenarkan tiga OPD di Kabupaten Boltim menggagas  mitigasi bencana di satuan pendidikan dengan melakukan MoU.

“Kabupaten Bolaang Mongondow Timur merupakan salah satu kabupaten yang terkadang mempunyai dampak  terhadap bencana, baik itu gempa bumi maupun banjir sering terjadi, sehingga dilaksanakan MoU yang digagas oleh tiga OPD untuk mitigasi bencana,” ujar Yusri.

Lebih lanjut ia mengatakan, ketiga OPD nantinya akan berbagi tugas baik sosialisasi maupun mitigasi bencana.

Sementara dua OPD Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah akan melakukan upaya menanggulangi ketika pasca bencana.

“Khusus untuk tiga OPD ini dalam rangka mulai proses pelatihan bagaiman menghindari bagaimana memitigasi bencana. selain itu juga melakukan Sosialisasi ke sekolah dalam rangka mitigasi,” tutupnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Boltim, Ir Sonny Warokka, Ph.D., menyampaikan penandatangan MoU dengan ketiga Instansi Boltim itu bertujuan untuk pencegahan dini agar tidak terjadi kepanikan bagi siswa siswa saat terjadi bencana.

“Tadi itu sosialisasi jalur evakuasi dan kebencanaan ke para siswa,” ujar Sonny Warokka melalui pesan WhatssApp.

Adapum penandatanganan MoU di hadiri Asisten II MR. Alung, Asisten III Rusmin Mokoagow, Kepala Dinsos, Kepala BPBD, Kepala Dikbud dan Kepala DLH Boltim Sjukri Tawil.

Riswan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.