Jamaah Masjid At-Taqwa Waleure Langowan berbagi daging kurban kepada umat Kristiani

  • Whatsapp

Minahasa, aksaranews.com Jamaah Masjid At-Taqwa Waleure Langowan Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Selasa (20/07/2021) hari ini, melaksanakan Sholat Idul Adha secara berjamaah yang dimulai pukul 06.30 Wita.

Meski dalam melaksanakan sholat seluruh jamaah diwajibkan mengikuti protokol kesehatan sebagaimana yang diatur oleh Pemerintah menyusul dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), namun suasana sholat dimasa pandemi berlangsung khidmat.

Dari hasil pantauan kontributor aksaranews.com, bertindak sebagai Imam sholat yakni Ustad Melky Mokodompit, sementara Khotib yaitu Ustad Qomar Butiti. Dalam khotbahnya ustad Qomar mengingatkan kembali kepada seluruh jamaah tentang sejarah pengorbanan Nabi Ibrahim A.S dan Putranya Nabi Ismail A.S yang penuh makna.

Usai pelaksanaan sholat, dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban yang diberikan jamaah. Menurut informasi yang berhasil dihimpun kontributor Media ini, untuk Idul Adha 1442 Hijriah, jamaah Masjid At-Taqwa melakukan penyembelihan hewan kurban sebanyak 10 ekor dari Total Jamaah 210 Kepala Keluarga (KK).

Menurut Imam Masjid At-Taqwa Langoan, Yusuf Latif bahwa, jumlah hewan kurban yang disembelih tersebut sebenarnya telah melampaui jumlah jamaah yang ada. Untuk itu katanya, sebagai bentuk toleransi, daging kurban juga dapat dibagikan kepada umat kristiani dan Pemerintah Desa (Pemdes) setempat.

“Karena telah melampaui jumlah jamaah yang ada, maka pembagian daging kurban, selain disalurkan kepada Mustahaq maupun seluruh Jamaah At-Taqwa, juga disalurkan pada Saudara Kita dari Umat Kristiani maupun Pemerintah Desa Waleure,” katanya.

Adapun total jumlah hewan kurban di 3 keimaman yang ada di Langowan sebanyak 35 ekor sapi, 10 ekor diantaranya berada di keimaman Masjid At-Taqwa Waleure Langowan, sementara 25 ekor lainnya berada di 2 keimaman.

Pewarta: Zulfan | Editor: Redaksi

Pos terkait