Boltim ketambahan ratusan pemilih baru, ini datanya

  • Whatsapp
Rapat koordinasi dipimpin ketua KPU Boltim Jamal Rahman dan anggota KPU Boltim bersama Pimpinan Bawaslu Boltim (Foto: Ist)

Boltim, aksaranews.com Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar rapat koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB), Jumat (02/07/2021) siang.

Rapat koordinasi dipimpin ketua KPU Boltim Jamal Rahman, Komisioner divisi data Adchilny Abukasim, komisioner divisi hukum Devita Pandey dan dihadiri pengurus partai politik, dinas kependudukan catatan sipil, Bawaslu Kabupaten dan Polres Boltim.

Bacaan Lainnya

Komisioner KPU Boltim divisi data Adchilny Abukasim menyampaikan, dari hasil rekapitulasi PDPB kabupaten pada bulan Juni 2021 Boltim ketambahan pemilih baru yang cukup signifikan.

“Ada ketambahan potensi pemilih baru sebanyak 171 orang,” ucap Adchilny kepada jurnalis aksaranews.com, Jumat sore.

Lebih lanjut, Adchilny menyebut, saat rakor dengan stakeholder pihaknya mendapat tanggapan dari Partai Politik terkait pemutakhiran data berkelanjutan.

“Ada tanggapan dari Parpol yang meminta Pemda membantu baik dari kecamatan hingga ke Desa untuk sama-sama turun serentak khusus pemutakhiran data pemilih berkelanjutan,” bebernya.

Hal ini juga kata Adchilny, kerja-kerja KPU bisa maksimal dalam memutakhirkan daftar pemilih berkelanjutan.

“Saat ini Bawaslu tengah membentuk tim dalam rangka membantu pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan. Begitu juga dengan Polres akan menyerahkan data anggota yang memasuki masa pensiun,” terangnya.

Selain itu Adchilny menambahkan, telah menghapus pemilih TMS pasca penetapan DPT di Bulan Oktober 2020 lalu.

“Penyebab TMS ada yang sudah meninggal dunia, kemudian pindah domisili, maka akan dihapus,” tutupnya.

Adapun jumlah daftar pemilih berkelanjutan sebanyak 28.644 perempuan, 26.522 Laki-laki dengan total 55,176 pemilih. Sebelumnya jumlah daftar pemilih berkelanjutan laki-laki 28.564, perempuan 26.458 dengan total 55.022 pemilih.

Pewarta: Riswan │ Editor: Redaksi

Pos terkait