Balai Wasana Bahagia Ternate Jalin Kerjasama Dengan kampus UMMU dan Himpsi Malut

  • Whatsapp

Ternate, aksaranews.com Balai Rehabilitasi Sosial Orang Dengan HIV (ODH) Ternate sebagai unit pelaksana teknis Kementerian Sosial RI, melaksanakan penandatanganan naskah kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara dan Himpunan Psikologi Maluku Utara.

Penandatanganan naskah kerja sama ini dilaksanakan di ruang rektorat  Universitas Muhammadiyah Maluku Utara ini bertujuan untuk memperkuat penyelenggaraan Program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) kepada ODH di Provinsi Maluku Utara.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, Prof. Dr. Saiful Deni, M.Si, Kepala Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (LRSLU) Minaula Kendari, Syamsuddin, SST., MA., Ph.D; Kepala Balai Rehabilitasi Sosial Orang Dengan HIV “Wasana Bahagia” Ternate, Dr. Udan Suheli, AKS., MPd.; Ketua Himpunan Psikologi (HIMPSi) Wilayah Maluku Utara, Syaiful Bahry, S.Psi., MA beserta sejumlah pengurus HIMPSi.

Dalam sambutannya, Saiful Deni mengatakan bahwa, kerja sama atau kolaborasi antar berbagai lembaga sangat penting bagi pengembangan perguruan tinggi dan lembaga lainnya dalam hal pengabdian kepada masyarakat. Terlebih lagi di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

“Semoga dengan kerjasama sama ini kita semua termotivasi untuk memenuhi hak-hak Lanjut Usia sebagaimana diamanatkan dalam UU No. 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia”, ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut Udan Suheli selaku Kepala Balai Wasana Bahagia Ternate menyampaikan bahwa salah satu yang ingin dicapai oleh Balai Wasana Bahagia Ternate adalah mewujudkan Balai sebagai Centre of Excellent, artinya bahwa Balai “Wasana Bahagia” Ternate akan menjadi pusat dalam mewujudkan penanggulangan HIV yang komprehensif dan sustain.

“Kami harap dengan penjalinan kerja sama ini  kita bisa bersinergi dalam upaya mengedukasi masyarakat di Maluku Utara dalam penanganan permasalahan HIV yang semakin hari semakin kompleks terlebih dimasa pandemi Covid19 seperti sekarang ini,” ujar udan.

Adapun ruang lingkup dalam kerja sama ini meliputi penelitian terkait kebijakan dan program rehabilitasi sosial bagi ODH, bimbingan teknis serta peningkatan kapasitas Lembaga Kesejahteraan Sosial / LKS  ODH, pendampingan dan pemberdayaan potensi ODH, seperti pemberian konseling dan pendampingan kepada keluarga yang tinggal bersama ODH, pemberian layanan dukungan psikososial dan terapi pada ODH dalam kondisi kedaruratan maupun dalam situasi bencana.

Saiful Bahry dalam kapasitasnya selaku Ketua Himpunan Psikologi Maluku Utara mengatakan bahwa kerja sama ini telah melalui proses komunikasi dengan Pak Syamsuddin agar terjadi kerja sama penelitian, pengabdian, dan pendampingan terkait kelanjutusiaan.

“Kkami bersyukur hal ini dapat terlaksana dan semoga kedepannya kita dapat bekerjasama dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya lanjut usia”, tuturnya.

“sebenarnya, kami dari HIMPSi sudah pernah bekerja sama dengan Balai Rehabilitasi Sosial Orang Dengan HIV sebagai narasumber konseling, pada beberapa waktu yang lalu. Kedepannya, kita akan lebih meningkatkan kerja sama”, tutup Saiful Bahry. (***)

Pewarta: Sadan | Editor: Redaksi

Pos terkait