Wujudkan ATENSI Untuk ODH, Balai Wasana Bahagia Ternate Teken MoU Dengan LAHA Sultra

Kepala Balai Wasana Bahagia Ternate, Udan Suheli dan Ketua LAHA Sultra, Nirmawati usai melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU.

Ternate, Aksaranews.com – Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia (RI) melalui Balai Wasana Bahagia Ternate Provinsi Maluku Utara (Malut) menjalin kerja sama dengan Lembaga Advokasi HIV/AIDS (LAHA) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kerja sama kedua belah pihak yang dipertegas dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorendum of Understanding (MoU) yang dilaksanakan di Kantor LAHA, Sultra belum lama ini, bertujuan untuk pelaksanaan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) kepada Orang Dengan HIV (ODH).

Bacaan Lainnya

Kepala Balai Wasana Bahagia Ternate, Udan Suheli, kepada media ini menerangkan, dilaksanakannya kerja sama tersebut, adalah untuk memperkenalkan platform baru pelayanan rehabilitasi sosial yang diusung oleh Kementerian Sosial RI melalui Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial yaitu Asistensi Rehabilitasi Sosial atau di sebut Atensi.

“Stigma negatif dan perlakuan diskriminatif yang dialami oleh ODH seringkali menghambat mereka dalam memenuhi kebutuhan dasarnya. Dengan ATENSI ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan ODH, keluarga, komunitas, dan masyarakat sehingga mampu melaksanakan tugas dan peranan sosial untuk mengatasi masalah dalam kehidupannya,” terang Udan Suheli, Jumat (25/09/2020) malam.

Kepala Balai Wasana Bahagia Ternate, Udan Suheli saat foto bersama dengan beberapa pengurus di depan Kantor LAHA Sultra.

Dirinya menambahkan bahwa, kerjasama tersebut tak lain merupakan salah satu bentuk pendekatan yang memberikan pelayanan sosial kepada ODH dalam ATENSI berbasis Komunitas, khususnya di Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Sebelumnya Balai Wasana Bahagia Ternate juga telah melakukan audiensi dengan Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tenggara terkait dengan pelaksanaan ATENSI ODH di Provinsi Sulawesi Tenggara,” tambahnya.

Sekedar diketahui, penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Kepala Balai Wasana Bahagia Ternate, Udan Suheli dan Ketua LAHA Sultra, Nirmawati. (*/Red)

Penulis : Sadan | Editor: Redaksi

Pos terkait