aksara news
Ikhtiar mencerdaskan informasi bergizi

Usai aspirasinya diterima, Laikun minta Dinkes Manado perbaiki fasilitas ambulance laut

Manado, aksaranews.com — Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado, Adrey Laikun, ST, terus mengawal aspirasi warga Kepulauan Bunaken, Manado Tua dan Siladen yang meminta adanya fasilitas pelayanan ambulance laut.

Aspirasi dari warga Kecamatan Manado Utara tersebut menemui titik terang. Pasalnya Dinas Kesehatan Kota Manado langsung menanggapi aspirasi tersebut dengan mengusulkan penambahan unit ambulance laut melalui kementerian kesehatan dari anggaran dana alokasi khusus (DAK).

Adrey Laikun kepada wartawan aksaranews.com, Selasa (09/08/2022) meminta dengan tegas Dinas Kesehatan Manado agar memfungsikan serta memperbaiki fasilitas dan pelayanan ambulance laut yang ada saat ini.

Menurut Laikun, aspirasi yang ia terima dari warga Kepulauan, ambulance laut saat ini pelayanannya sangat tidak maksimal dan terkesan hanya seperti perahu penumpang biasa, karena tidak ada standar fasilitas kesehatan didalam ambulance laut tersebut.

Yang paling mengejutkan kata Laikun, ambulance laut yang ada saat ini kondisinya sangat memprihatinkan karena ada beberapa bagian lantai perahu yang keropos dan akan sangat membahayakan bagi penggunanya.

“Bagaimana bisa perahu ini dikatakan ambulance, kalau ambulance itu setidaknya ada fasilitas kesehatan seperti oksigen dan lain sebagainya yang bisa memberikan pertolongan pertama bagi para pasien yang akan menggunakannya dan hal ini tidak ditemukan didalam ambulance tersebut,” ungkap Laikun.

“Satu yang terpenting tolong perhatikan bodi dari perahu ini, karena ada beberapa bagian yang sangat memprihatinkan kondisinya,” tegas Laikun menambahkan.

Atas dasar tersebut, politisi NasDem ini meminta kepada Dinkes untuk memperbaiki alur rujukan yang ada dan mempersiapkan ambulance agar standby di setiap pemberhentian dari ambulance laut ini untuk bisa mengantarkan pasien sampai ke Rumah sakit tujuan.

“Jadi tolong dinkes dipikirkan juga, permasalahan ini bukan hanya masalah di laut, tapi yang di darat juga harus diperhatikan, tolong persiapkan ambulance juga yang stanby di setiap dermaga agar pihak keluarga dari pasien yang ada tidak repot lagi untuk mencari kendaraan ketika sesampainya di dermaga, ini hal kecil tapi sangat krusial untuk keselamatan masyarakat kita, jadi tolong diperhatikan itu,” pungkasnya.

Pewarta: Dpk | Editor: Rds

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.