Pemkab Bantaeng ikuti apel peringatan hari lahir Pancasila secara virtual

  • Whatsapp
Tampak suasana pelaksanaan Apel Peringatan Hari Lahir Pancasila di ruang Kantor Bupati Bantaeng. (AKSARA/Foto: Muhammad Ramli)

Bantaeng, aksaranews.com — Pemerintah Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) mengikuti apel peringatan hari lahir pancasila tahun 2021 secara virtual yang di gelar di ruang kantor Bupati Bantaeng, Selasa (01/6/2021).

Tampak hadir, Bupati Bantaeng Dr.H.Ilham Azikin, Wakil Bupati Drs.H.Sahabuddin, Sekretaris Daerah, Abdul Wahab, (Dandim 1410) Bantaeng Letkol CZI Tambohule Wula, Kapolres Bantaeng AKBP Rachmat Sumekar,
dan Forkopimda, serta Jajaran Kepala SKPD dengan menggunakan pakaian adat daerah yang berwarna warni.

Bacaan Lainnya

Adapun tema yang diangkat pada peringatan hari Lahir Pancasila ini yaitu “Pancasila Dalam Tindakan, Bersatu Untuk Indonesia Tangguh”.

Apel peringatan hari lahir pancasila ini dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang dalam pidatonya mengatakan peringatan Hari Kelahiran Pancasila tahun ini kita laksanakan di tengah pandemi COVID-19 yang menguji daya juang kita sebagai bangsa, menguji pengorbanan kita, menguji kedisiplinan kita, menguji kepatuhan kita, menguji ketenangan dalam mengambil langkah kebijakan yang cepat dan tepat.

Dalam menghadapi ujian tersebut kata Jokowi, kita bersyukur bahwa Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan kita semuanya, menggerakkan persatuan kita dalam mengatasi semua tantangan, menggerakkan rasa kepedulian kita untuk saling berbagi, memperkokoh persaudaraan dan kegotongroyongan kita untuk meringankan beban seluruh anak negeri, dan menumbuhkan daya juang kita dalam mengatasi setiap kesulitan dan tantangan yang kita hadapi.

“Nilai-nilai luhur Pancasila harus kita hadirkan secara nyata dalam kehidupan kita. Pancasila harus terus menjadi nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan kita. Nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan pemerintah. Nilai yang hidup terus bergelora dalam semangat rakyat Indonesia,” ungkapnya.

Presiden juga mengajak kepada seluruh elemen bangsa di mana pun berada, untuk terus memperkokoh tali persatuan dan persaudaraan, saling membantu, saling menolong, dan saling bergotong-royong, serta selalu optimis bahwa bangsa kita adalah bangsa pemenang dalam menghadapi setiap tantangan yang menghadang.

Sementara itu, Bupati Bantaeng Dr.H.Ilham Azikin ditemui usai acara mengajak semua elemen untuk mendoakan seluruh pahlawan yang juga merupakan pendiri lahirnya pancasila.

“Ini menjadi sejarah bangsa kita yang harus kita kenang. Kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan selamat Hari Pancasila,” ujarnya.

Pewarta: Ramli | Editor: Redaksi

Pos terkait