September, Dinas PMD targetkan BUMDes se-Boltim terdaftar di Kemendes

  • Whatsapp
Ilustrasi BUMDes (Istimewa)

Boltim, aksaranews.com Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menargetkan seluruh Badan usaha milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Boltim terdaftar di Kementerian Desa (Kemendes) sebagai badan hukum.

Menurut Sekretaris DPMD Boltim, Subhan Wakid S,Stp mengatakan, sesuai peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2021 tentang BUMDes, maka wajib semua BUMDes terdaftar sebagai badan hukum.

Bacaan Lainnya

“Sesuai PP 11 Tahun 2021 semua BUMDes akan didaftarkan kembali di Kemendes,” kata Subhan Wakid, kepada media ini.

Kata Subhan saat ini sedikitnya ada 45 BUMDes di Kabupaten Boltim yang aktif. Meski begitu pihaknya akan meminta Pemerintah Desa untuk segera membentuk BUMDes di 81 Desa yang ada.

“Yang pertama akan ada instruksi bupati terkait pembentukan BUMDes bersama. Kedua kita buat klaster perkecamatan untuk didaftarkan secara online yang dipandu oleh tenaga ahli,” terang Subhan.

Lebih lanjut Subhan menargetkan pada bulan september BUMDes se-Boltim terdaftar di Kemendes sebelum nanti di daftarkan ke Kemenkumham menjadi badan hukum.

“Untuk mendapatkan sertifikat dari kemenkumham sebagai legalitas lembaga, Insya Allah bulan september semua BUMDes sudah terdaftar di kemendes,” jelasnya.

Adapun Kemendes PDTT meminta kepada seluruh BUMDes untuk mendaftarkan ke Kemendes PDTT. Selanjutnya, Kemendes PDTT akan melakukaan verifikasi, jika dinyatakan siap, maka akan dikirim ke Kemenkumham. Di Kemenkumham, BUMDes akan mendapat nomor register sebagai badan hukum.

Pewarta: Riswan | Editor: Redaksi

Pos terkait