Polres Boltim musnahkan ribuan liter Miras dan puluhan knalpot bising

  • Whatsapp
Pemusnahan barang bukti ribuan liter Miras jenis captikus oleh Polres Boltim.

Boltim, aksaranews.com — Kepolisian resor (Polres) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memusnahkan barang bukti ribuan liter minuman keras (Miras) jenis captikus di lapangan Mapolres Boltim, Senin (19/04/2021).

Barang bukti yang dimusnahkan merupakan hasil dari Operasi Sat Reskrim beberapa waktu lalu dan Operasi Keselamatan Samrat selama Tahun 2021 jelang dan awal bulan Ramadan 1442 H.

Bacaan Lainnya

Pemusnahan dipimpin langsung oleh Kapolres Boltim AKBP Irham Halid SIK, didampingi Waka Polres Boltim, Dandim 1303/Merdeka, Kejaksaan Negeri, Asisten III bidang pemerintahan, kepala SKPD dan Anggota DPRD Boltim,

Kapolres Boltim, AKBP Irham Halid SIK menyampaikan, sebanyak 1.320 liter minuman beralkohol jenis cap tikus hasil operasi kegiatan rutin yang ditingkatkan hari ini dimusnahkan.

Selain minuman keras yang mengandung alkohol antara 50 hingga 70 persen, ada 50 knalpot bising hasil operasi keselamatan Samrat 2021 turut dimusnahkan Polres Boltim.

Tampak puluhan knalpot bising yang siap dimusnahkan.

“Barang bukti minuman beralkohol jenis cap tikus yang dimusnahkan ini merupakan hasil operasi Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan Polres Boltim dan Polsek jajaran. Sedangkan knalpot bising tersebut hasil Operasi Keselamatan Samrat 2021,” kata Irham Halid.

Menurut Kapolres, dampak pengaruh minuman beralkohol jenis captikus ini sangat rentan bila dikonsumsi, bisa memicu timbulnya tindak pidana seperti penganiayaan, pembunuhan, hingga kecelakaan lalu lintas.

“Peredaran minuman beralkohol harus diawasi dan ditindaklanjuti dengan serius. Tujuan dari pemusnahan barang bukti ini sebagai upaya cipta kondisi untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, terutama saat Bulan Ramadhan,” tegasnya.

Sebelum pemusnahan, dilakukan pembacaan surat penetapan dari Pengadilan Negeri (PN), dilanjutkan penandatanganan berita acara pemusnahan barang bukti. Kemudian pemusnahan barang bukti secara simbolis oleh Kapolres Boltim beserta seluruh tamu undangan.

Barang bukti (Babuk) minuman beralkohol dimusnahkan dengan cara ditumpahkan ke dalam lubang yang telah disediakan. Sedangkan barang bukti knalpot bising dipotong, dihancurkan menjadi beberapa bagian menggunakan alat pemotong besi.

Pewarta: Riswan | Editor: Redaksi

Pos terkait