KPU Tetapkan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih, Oskar: Terima Kasih Rakyat Boltim

  • Whatsapp
Ketua KPU Boltim menyerahkan berita acara kepada wakil Bupati terpilih Oskar Manoppo (foto tangkapan layar FB KPU Boltim)

Boltim, aksaranews.com Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menetapkan pasangan Sam Sachrul Mamonto S.Sos., dan Oskar Manoppo S.E., M.M., (OPPO) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Boltim Terpilih periode 2021-2024.

Rapat pleno terbuka penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada pemilihan tahun 2020 dilaksanakan bertempat di Aula Lantai 3 Kantor Bupati Boltim, Jumat (19/02/2021).

Bacaan Lainnya

Pantauan media ini, penyerahan berita acara kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Boltim, gabungan Partai Politik yang mengusung ke tiga Paslon diantaranya, PAN, Golkar, Gerindra, Nasdem, PKB, PBB, PDIP, PKS, Perindo, kepada pihak Bawaslu Kabupaten Boltim dan terakhir kepada Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

Selanjutnya, pembacaan Surat Keputusan (SK) penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Boltim terpilih, yang dibacakan oleh Sekretaris KPU Boltim, Arfan Palima dan dilanjutkan dengan penandatanganan SK oleh Ketua KPU Boltim, Jamal Rahman.

Ketua KPU Boltim Jamal Rahman didampingi jajaran komisioner lainnya membacakan hasil penetapan.

“Sesuai ketentuan hukum dengan ini menetapkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Boltim peraih suara terbanyak, Sam Sachrul  Mamonto dan Oskar Manoppo,” kata Jamal.

Sementara pada kesempatan itu, Wakil Bupati Boltim terpilih Oskar Manoppo S.E., M.M., menyampaikan ucapan terima kasih karena sudah melaksanakan kegiatan ini sampai hasil tahapan KPU yang terakhir.

“Terima kasih karena sudah melaksanakan kegiatan ini sampai hasil tahapan KPU yang terakhir. Kemenangan ini bukan kemenangan kami pribadi tapi ini adalah kemenangan seluruh rakyat Boltim, kemenanganan ini kami harapkan jadi tanda syukur kita kepada yang Maha Kuasa,” ucap Oskar Manoppo.

Rapat pleno terbuka digelar dengan mengutamakan Protokol Kesehatan (Prokes) CoVid-19 dengan mengantisipasi tidak terjadi kerumunan dan arak-arakan massa, dilakukan pengamanan di dalam dan di luar gedung pelaksanaan, oleh TNI POLRI dan unsur terkait.

Sebelum penetapan, KPU Boltim telah mengikuti proses gugatan Mahkamah Konstitusi dan MK menolak gugatan pasangan calon nomor urut 1 dan 3 atas hasil pilkada 17 Desember 2020.

Terinformasi, rencananya agenda pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Boltim akan bersamaan dengan pelantikan Bupati dan Walikota dari beberapa daerah di Sulut, yang akan digelar pada tanggal 26 Febuari 2021.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pelaksana Harian (Plh) Bupati Boltim Dr., Ir., Sonny Warokka, Dandim 1303 Bolaang Mongondow Letnan Kolonel (Letkol) Infantri Raja Gunung Nasution S.I.P., Kapolres Boltim Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Irham Halid S.I.K., Wakil Ketua DPRD Boltim Muhamad Jabir.

Ketua KPU Boltim Jamal Rahman dan anggota KPU Boltim Abdul Kader Bachmid S.Pd., Adecilni Abukasim, Terry Suoth, Devita Pandey, Sekretaris KPU Boltim Arfan Palima, Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Awaludin Umbola mewakili pimpinan Bawaslu Sulut, Hindarto Korompot mewakil kepala Kejaksaan Negeri Kotamobagu, Wakapolres Boltim Komisaris Polisi (Kompol) Mohamad Monoarfa S.Sos, perwakilan Paslon Nomor Urut 1, 2 dan 3, dab para asisten serta Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkupa Pemkab Boltim.

Pewarta: Riswan | Editor: Redaksi

Pos terkait