Begini strategi Bupati Bantaeng pulihkan ekonomi saat pandemi

  • Whatsapp
Bupati Bantaeng, Dr. H. Ilham Azikin. (Foto Istimewa)

Bantaeng, aksaranews.com – Guna memulihkan ekonomi dan kesehatan akibat penyebaran pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), berbagai upaya pemulihan dilakukan Pemerintah pusat maupun Daerah. Sektor ekonomi menjadi salah satu yang paling terdampak.

Demikian seperti yang dipaparkan oleh Bupati Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Dr. H. Ilham Azikin saat ditemui di rumah jabatannya (Rujab), Senin 28/06/2021.

Bacaan Lainnya

Kata Bupati Ilham Azikin, dalam memulihkan kesehatan dan ekonomi yang terdampak akibat Covid-19. Dirinya memiliki strategi untuk melakukan pemulihan, yakni dengan mengilustrasikan penanganan kesehatan dan ekonomi sebagai rem dan gas.

Menurut Bupati Ilham Azikin, kunci dalam pemulihan ekonomi dan kesehatan ini adalah mengendalikan gas dan rem, dimana pedal rem yang dimaksud merupakan jaring pengaman kesehatan sementara pedal gas merupakan jaring pengaman sosial dan jaring pengaman sektor riil.

“Untuk memulihkan kesehatan, maka pedal rem harus diinjak supaya kurva Covid-19 dapat ditekan. Untuk itu, hal yang harus disiapkan adalah obat-obatan, tenaga kesehatan hingga vaksin,” ungkap Ilham Azikin.

Lebih jauh ia jelaskan, berkaitan dengan hal tersebut, keterlibatan pihak terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan juga penting terutama untuk menyiapkan vaksin dan obat-obatan lainnya bagi masyarakat.

Tak hanya itu sambung Bupati Ilham Azikin, tahun 2021 ini, Pemerintah Daerah (Pemda) juga telah menyiapkan salah satu program yang merujuk pada penguatan ekonomi masyarakat terutama bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Tujuannya tak lain untuk membantu meringankan beban keluarga yang terdampak Covid-19. Ini merupakan stimulus sehingga masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa. Selain itu, strategi ini juga merupakan salah satu cara agar perekonomian terus berjalan dan kesehatan tetap terjaga,” tambahnya.

Sementara, untuk gas dalam hal ini jaring pengaman sosial dan jaring pengaman sektor riil, Bupati Ilham Azikin menuturkan bahwa, yang harus didorong adalah sumber pendanaan dan memastikan seluruh saluran lancar. Sebab menurutnya yang menjadi seat belt (sabuk pengaman) nya adalah jaring pengaman sektor keuangan.

“Ekonomi dan kesehatan merupakan dua sisi yang saling berjalan beriringan. Setiap sisi harus bisa dijaga agar setiap program-program yang akan dilaksanakan untuk mendorong perekonomian dapat terus berjalan. Sehingga, masyarakat akan tetap sehat dan upaya untuk menjaga mata pencaharian masyarakat dalam bertahan hidup juga harus dilakukan,” tuturnya.

Dirinya turut meminta agar pemerintah bersama pelaku ekonomi terus berkomitmen untuk mempertahankan daya beli masyarakat. Hal ini dimaksudkan guna memberikan berbagai bantuan sosial dan subsidi seperti, menambah penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH), menambah penyaluran Sembako, Bansos, Bantuan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), tambahan stimulus konsumsi untuk pariwisata, restoran dan transportasi.

Sebagai informasi tambahan, pemerintah juga telah menyediakan dukungan yang diberikan untuk pelaku usaha guna menjaga permintaan pasar. Dukungan tersebut seperti, Program bantuan alat usaha gratis untuk warga dan masyarakat, program Warung Naik Kelas, pelatihan transformasi digital, transformasi teknologi dalam penerapan produksi bagi UMKM.

Pewarta: Ramli | Editor: Redaksi

Pos terkait