aksara news
Ikhtiar mencerdaskan informasi bergizi

Tingkatkan sektor wisata, Dispar Bantaeng gelar pelatihan tata kelola bisnis Pariwisata

Peserta pelatihan tata kelola bisnis wisata Dinas Pariwisata Bantaeng (Foto: Istimewa)

Bantaeng, aksaranews.com Pemerintah Kabupaten Bantaeng melalui Dinas Pariwisata gelar Pelatihan Tata Kelola, Bisnis dan Pemasaran Destinasi Pariwisata Bantaeng, bertempat di Hotel Grand Imawan Makassar, Minggu (15/05/2022).

Pelatihan berguna untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang mampu menarik minat wisatawan ke Bantaeng.

Kepala Dinas Pariwisata Bantaeng, Harmoni, mengatakan bahwa, kegiatan pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kemampuan para pengelola daya tarik wisata.

Sebagaimana diketahui, bahwa Pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan yang memberi dampak positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah.

“Namun dengan adanya pengaruh pandemi Covid-19 secara global perekonomian masyarakat sektor pariwisata menjadi terpuruk”, ujar Harmoni.

Dikatakan, dengan upaya-upaya yang dilakukan maka akan memberi dampak positif pada sektor kepariwisataan dan juga peningkatan perekonomian masyarakat.

Hal tersebut, dapat terwujud bila diimbangi juga dengan keberadaan SDM pariwisata yang terlatih. Pelatihan kepada SDM Pariwisata merupakan faktor terpenting yang turut menentukan keberhasilan, berkembang dan majunya kepariwisataan di daerah.

SDM pariwisata terlatih yang
akan memperkenalkan dan mempromosikan pariwisata Bantaeng secara tepat sasaran kepada wisatawan nusantara dan mancanegara.

“Oleh sebab itu, perlu dilakukan berbagai strategi marketing yang bersifat terpadu dan profesional dengan melibatkan seluruh stakeholder dengan penggunaan media berbasis IT-BASE Marketing dalam rangka mempromosikan dan memasarkan berbagai obyek dan daya tarik wisata alam dan budaya”, bebernya.

Terakhir, semoga dengan pelatihan ini, dapat bermanfaat. Bagi para pemuda desa, karena pemuda adalah ujung tombak promosi wisata yang paham akan kondisi di daerah mereka masing-masing”, pungkasnya.

Sebagaimana dikatakan, Bupati Bantaeng Dr. H. Ilham Azikin sebelumnya, saat berkunjung Kelurahan Campaga Kecamatan Tompobulu Kabupaten, Rabu (11 /05/2022) belum lama ini. Bahwa, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berbasis unggulan sumber daya lokal.

“Maka sangat tepat didukung dengan persiapan peningkatan kualitas sumber daya manusia pariwisata melalui pelatihan sehingga menghasilkan SDM pariwisata yang kreatif, inovatif, profesional dan memahami era globalisasi serta digitalisasi dalam dunia kepariwisataan, dan mampu mengaktualisasikan unsur-unsur sapta pesona wisata dengan baik”, tuturnya.

“Disamping itu, iya juga mengharapkan, pemuda desa agar selalu tetap produktif dan kreatif menggali potensi yang ada di kampung ini. Dalam rangka mendorong pengembangan desa wisata khususnya di Bantaeng”, tandasnya.

Sekedar diketahui, bahwa kegiatan tersebut, diikuti oleh sejumlah pemuda desa Bantaeng, (***).

Pewarta: Ramli | Editor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.