Mendagri Rilis Jadwal Pelantikan Kepala Daerah Terpilih 2020 di Sulut

  • Whatsapp
Ilustrasi Pilkada 2020

Manado, aksaranews.com Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah merilis jadwal rencana pelantikan Bupati dan wakil bupati, walikota dan wakil walikota terpilih hasil Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Sulawesi Utara (Sulut).

Provinsi Sulawesi Utara sendiri ada 7 kabupaten/kota yang menggelar Pemilihan Serentak Tahun 2020 ditambah dengan Pemilihan Gubernur dan wakil gubernur Sulut.

Bacaan Lainnya

Gubernur dan Wakil Gunernur terpilih, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (ODSK), telah dilantik Presiden Joko Widodo pada 15 Februari 2021 lalu, sementara untuk kabupaten/kota akan dilantik secara bersamaan dengan daerah lain di seluruh Indonesia, namun dengan hari dan tanggal berbeda.

Pertama yang telah mengakhiri masa jabatan yakni Walikota/Wakil Walikota Tomohon, Bupati/Wakil Bupati Minahasa Utara (Minut), Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan (Minsel), Bupati dan wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), dan Bupati dan wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

5 kepala daerah ini telah mengakhiri masa jabatannya per tanggal 17 Februari 2021, sementara Bupati dan wakil bupati/Walikota dan wakil walikota terpilih baru akan dilantik pada 26 Februari 2021 akhir pekan ini.

Sementara untuk Kota Bitung, rencananya akan dilakukan pelantikan April 2021, meskipun Walikota dan Wakil Walikota Bitung akan berakhir masa tugas pada 30 Maret 2021.

Sedangkan untuk Kota Manado, masa jabatan pejabat lama akan berakhir 9 Mei 2021, namun pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Manado yang baru nanti digelar akhir Juni atau awal Juli 2021.

Adapun jadwal pelantikan kepala daerah terpilih periode 2021-2024 di Sulut:

Tahap I: 26 Februari 2021
1. Walikota dan Wakil Walikota Tomohon: Caroll Senduk dan Wenny Lumentut
2. Bupati dan Wakil Bupati Minut: Joune Ganda dan Kevin Lotulung
3. Bupati dan Wakil Bupati Minsel: Franky Wongkar dan Petra Rembang
4. Bupati dan Wakil Bupati Boltim: Sam Sachrul Mamonto dan Oskar Manoppo
5. Bupati dan Wakil Bupati Bolsel: Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid

Tahap II: Akhir April 2021
1. Walikota dan Wakil Walikota Bitung: Maurits Mantiri dan Hengky Honandar

Tahap III: Akhir Juni atau Awal Juli 2021
1. Walikota dan Wakil Walikota Manado: Andrei Angouw dan Richard Sualang

Pelantikan ini tentunya dilakukan secara bersamaan dengan daerah lain di seluruh Indonesia.

“Tahap awal, totalnya ada 170-an daerah yang kepala daerahnya nanti akan dilantik akhir Februari ini,” ujar Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Akmal Malik, dikutip dari jpnn.

Pelantikan selanjutnya akan dilakukan bagi daerah yang masa jabatan kepala daerahnya berakhir Maret dan April 2021.

“13 daerah habis di bulan Maret, ditambah dengan 17 daerah yang habis di bulan April, mereka akan dilantik di akhir April,” kata Akmal.

Sementara itu, daerah yang masa jabatan kepala daerahnya berakhir Mei dan Juni, akan dilantik pada tahap berikutnya.

“Kemudian untuk yang Mei ada 11 daerah dan Juni ada 17 daerah, itu akan dilantik di akhir Juni, atau 1 Juli,” sebut Akmal.

Sementara itu Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Sulut Jemmy Kumendong memastikan, pelantikan kepala daerah terpilih kabupaten/kota tersebut akan dilakukan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, atas nama Menteri Dalam Negeri.

Penulis: Tim Redaksi

Pos terkait