Tiga Pasang ‘Balon’ Siap Tarung di Pilbup Boltim

Tiga Pasang 'Balon' Siap Tarung di Pilbup Boltim - AksaraNews.com
Tiga Pasang 'Balon' Pilbup Boltim, Suhendro Boroma, Amalia Landjar dan Sam Sachrul Mamonto.

Boltim, aksaranews.com – Meski tahap pendaftaran pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Bolaang mongondow timur (Boltim) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru akan dibuka pada Jumat 04 September mendatang, namun sebanyak tiga pasang Bakal Calon (Balon) digadang-gadang siap bertarung di Pilbup nanti.

Ketiga pasang Balon tersebut mencuat nama-nama seperti Suhendro Boroma (SB) berpasangan dengan Rusdi Gumalangit (RG) yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Perindo dan Partai Keadilan Sejahtera.

Bacaan Lainnya

Sementara Amalia Ramadhani S. Landjar (AMA) dengan Uyun Kunaefi Pangalima (UKP) diusung Partai Amanat Nasional, Partai Demokrat, Gerindra dan Partai Golkar.

Sedangkan pasangan bakal calon lainnya, Sam Sahrul Mamonto (SSM) berpasangan dengan Oskar Manoppo (Oppo) mendapat kendaraan Partai Nasional Demokrat (NasDem), PKB dan PBB.

Mencuatnya nama-nama ini sebagai pasangan Balon Bupati dan wakil Bupati Boltim diperkuat dengan dukungan dan Surat Keputusan (SK) formulir B.1-KWK Parpol dari sejumlah partai pengusung yang telah di kantongi oleh masing-masing pasangan.

Dengan dikantonginya sejumlah SK dari partai pengusung dan pendukung tersebut, memberi kepastian sendiri bagi para balon terkait dengan pendaftaran ke KPU Boltim.

Salah satu pasangan calon, SSM-Oppo memastikan siap mendaftar dihari pertama pembukaan pendaftaran calon bupati dan wakil bupati yakni tanggal 04 September 2020.

“Insya Allah pada tanggal 04 September akan siap mendaftar,” ucap Sam Sachrul Mamonto di damping pasangannya Oskar Manoppo kepada wartawan.

Disinggung soal langkah kedepan tim pemenangan, Sachrul menjelaskan bahwa hal itu masih akan dibicarakan dengan pasangannya yakni Oskar Manoppo. Namun begitu, menurutnya semua pendukungnya merupakan tim.

“Seluruh pendukung kami di Boltim, itu adalah bagian dari tim, nanti kemudian tinggal kami kordinasikan untuk bekerja satu arah,” ujar mantan ketua DPRD Boltim periode 2014-2015 ini.

Sementara itu, dua pasang balon lainnya, sejauh ini belum terkonfirmasi terkait waktu pendaftarannya.

Ketua DPC PDIP Boltim Medy Lensun mengatakan pasangan balon bupati dan wakil bupati yang diusung PDIP dalam waktu dekat akan mendeklarasikan, namun masih akan dilakukan rapat terlebih dahulu bersama pasangan dan partai pengusung.

Kata Medy, meski pertarungan di Pilbup Boltim kali ini sangat sengit, karena tersaji tiga pasangan bakal calon yang sangat kuat, pihaknya yakin dengan sosok SB yang merupakan seorang leadership dan mempunyai gaya kepemimpinan serta memiliki wawasan luas dan jaringan partai di tingkat pusat mampu membawa Boltim lebih hebat lagi.

Sementara, untuk deklarasi AMA-UKP, DPD PAN Boltim masih akan menunggu keputusan pimpinan yang lebih tinggi yaitu ketua DPW PAN Sulut Sehan Salim Landjar yang juga akan maju sebagai wakil gubernur sulut berpasangan deng Christiany Eugenie Paruntu (CEP).

“Rencananya, deklarasi Ama-UKP akan berbarengan dengan deklarasi CEP-SSL di Tutuyan, kalau tidak ada halangan akan deklarasi secara bersamaan,” ujar Syarif Mardjan Plt Ketua DPD PAN Boltim sembari mengatakan untuk wilayah Modayag deklarasi akan diserahkan kepada UKP sebagai calon wakil bupati Boltim.

Penulis: Dirta │ Editor Redaksi

Pos terkait