Puluhan jemaah calon haji Boltim gagal ke tanah suci

  • Whatsapp
Ilustrasi foto jemaah haji

Boltim, aksaranews.com Pemerintah Indonesia memastikan membatalkan keberangkatan jemaah calon haji Indonesia pada musim haji 1442 Hijriah atau tahun 2021 Masehi.

Hal ini juga berimbas pada puluhan jemaah calon haji asal Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Kepala Seksi Bimas Islam, Kementerian Agama Kabupaten Boltim, Muhammad Ma’mur, S.Ag menyampaikan, ada sekitar 34 jemaah calon haji asal Kabupaten Boltim yang terdaftar gagal menunaikan ibadah ke tanah suci.

Kata dia, pembatalan ibadah haji 2021 oleh pemerintah tertuang dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 660 tentang pembatalan musim haji tahun 2021.

Sesuai jadwal pun seharusnya untuk kloter pertama jemaah calon haji ini akan berangkat pada 15 Juni 2021.

“Kalau tidak ada pembatalan, jadwal pemberangkatan jatuh pada tanggal 15 juni ini untuk kloter pertama,” ucap Ma’mur kepada Jurnalis aksaranews.com, Rabu (09/07/2021).

Namun begitu Ma’mur menyebut, jemaah calon haji asal Boltim tak perlu khawatir karena secara otomatis jemaah calon haji akan diberangkatkan pada tahun depan.

“Secara otomatis 34 jemaah calon haji Boltim akan diberangkatkan pada tahun depan bila kuota haji dibuka kembali,” tutup Ma’mur.

Pewarta: Riswan | Editor: Redaksi

Pos terkait