Penyusunan RPJMD Boltim sesuai visi misi Bupati, Bersinar!

  • Whatsapp

Boltim, aksaranews.com Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kabupaten Bolaang mongondow timur (Boltim) terus dikebut.

Rancangan RPJMD sejatinya merupakan representasi visi misi Bupati dan wakil Bupati Boltim terpilih selama masa periodisasinya.

Bacaan Lainnya

Kepala Bapelitbangda Boltim, M. Iksan Pangalima, S.Pi, mengatakan hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan finalisasi RPJMD pemerintah Boltim.

“Hari ini kita akan melakukan vidcon dengan staf ahli Bupati ibu DR. Mafdalena Wullur, SE., MM., CMILT,” kata Iksan Pangalima, Kamis (15/07/2021).

Iksan menjelaskan, RPJMD Kabupaten Boltim berlaku selama lima tahun sejak kepala daerah terpilih dan disahkan setelah enam bulan dilantik.

Kata dia, Dari visi misi Bupati yang tertuang dalam RPJMD maka setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) wajib membuat rencana strategi setiap tahun sesuai visi misi tersebut.

“Jadi kalau visi misi nya tentang pariwisata, maka instansi teknis yang menindaklanjuti misi tersebut, biar fokus,” kata Iksan.

Ia menambahkan, pekan depan finalisasi RPJMD akan diserahkan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk dibahas dan disahkan penjado Undang-undang.

“Kita targetkan akhir bulan ini sudah masuk DPRD dan rampung, meski waktu yang diberikan enam bulan,” pungkas Pangalima.

Adapun sesuai dengan amanat Undang-undang No. 25 Tahun  2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Permendagri No. 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.

Pewarta: Riswan | Editor: Redaksi

Pos terkait