Pemkab Bantaeng gelar bimtek TIK dan sertifikasi VSGA bagi lulusan program vokasi

  • Whatsapp
Tampak suasana pelaksanaan Bimtek TIK dan Sertifikasi VSGA bagi lulusan program Vokasi di Hotel Seruni Bantaeng. (AKSARA/Foto: Muhammad Ramli)

Bantaeng, aksaranews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng bekerjasama dengan Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Sertifikasi Vocational School Graduate Academy (VSGA) bagi para lulusan program vokasi.

Menurut rencana, kegiatan yang mengambil tempat di Hotel Seruni Bantaeng tersebut, akan berlangsung selama lima hari, mulai Selasa 25 Mei hingga Sabtu 29 Mei 2021 akhir pekan ini dengan melibatkan sebanyak 77 peserta meliputi kelas Literasi para lulusan program vokasi.

Berdasarkan informasi yang berhasil dirangkum wartawan aksaranews.com, kegiatan ini bertujuan membekali generasi muda terutama para alumni program vokasi seperti Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Diploma jurusan science, technology, engineering, dan math (STEM) untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Seperti yang dikatakan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika Makassar, Junaidi Aspan, bahwa pelaksanaan Bimtek TIK dan Sertifikasi VSGA dilakukan untuk kepentingan karir masyarakat dan pemuda angkatan kerja di Bantaeng guna memperoleh peluang kerja yang baik.

“Agar menjadi kompeten dan mengantongi seritifikasi resmi sebagai nilai lebih untuk memperoleh peluang kerja baik di tingkat nasional maupun pasar bebas,” kata Junaidi Aspan dalam sambutannya.

Lebih lanjut ia terangkan sasaran utama kegiatan ditujukan kepada generasi muda yang belum mendapatkan pekerjaan, harapannya agar dapat menjadi nilai tambah kedepan dalam upaya mengajukan pekerjaan di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

“Kegiatan ini kami berikan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan SDM di bidang TIK dengan sasaran mereka yang belum bekerja dan dengan seritifikasi (VSGA) ini bisa menjadi nilai tambah untuk memperoleh pekerjaan,” terangnya.

Para peserta Bimtek TIK dan Sertifikasi VSGA yang terlihat antusias dalam menerima materi dari narasumber. (AKSARA/Foto: Muhammad Ramli)

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bantaeng H. Subhan, yang turut menyampaikan sambutan dalam kegiatan tersebut, memberikan apresiasinya atas kerjasama yang terus dijalin Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika Makassar dalam meningkatkan SDM masyarakat di bidang TIK.

“Tentunya sangat bermanfaat bagi peningkatan pengetahuan dan keterampilan, khususnya guna memasuki dunia kerja yang dirasakan semakin kompetitif. Untuk itu saya sangat berterimkasih kepada Plt. Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika Makassar Junaidi Aspan, yang telah menginisiasi hingga terlaksananya kegiatan ini,” ujar Subhan.

Dirinya pun berharap, seiring dengan perkembangan teknologi baru yang semakin pesat. Melalui kegiatan Bimtek TIK dan sertifikasi VSGA ini dapat menjadi awal kesiapan dan kemampuan masyarakat bantaeng dalam menghadapi revolusi industri 4.0 di masa mendatang.

“Harapannya, semoga kita akan menjadi masyarakat digital yang siap memasuki revolusi industri 4.0, karena syaratnya adalah digital society atau masyarakat digital,” ucapnya penuh harap yang selanjutnya secara resmi membuka kegiatan Bimtek TIK dan Sertifikasi VSGA.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Bantaeng, Syamsul Suli, mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat penting untuk diikuti, sebab menurutnya, peningkatan kualitas hidup masa kini dan masa depan semakin menuntut manusia mengoptimalkan SDM yang dimilikinya.

“Oleh karena itu, Pemerintah sangat mengapresiasi kegiatan Bimtek ini yang memang patut untuk kita kembangkan demi lahirnya SDM unggul yang mampu bersaing di era digital seperti saat ini,” kata Syamsul. (***)

Pos terkait