Pemerintah pastikan harga kebutuhan pokok di Bantaeng stabil jelang Idul Adha

  • Whatsapp

Bantaeng, aksaranews.com Dinas Koperasi UKMM dan Perdagangan Kabupaten Bantaeng memastikan harga sejumlah bahan pokok secara umum masih relatif stabil jelang sepekan Idul Adha 1442 Hijriah.

Berdasarkan hasil pemantauan harga di pasar daerah itu, ada beberapa komoditi yang mengalami penurunan harga karena banyaknya pasokan dan turunnya permintaan.

Bacaan Lainnya

Kepala Seksi Perdagangan Bantaeng, Bernadeth Birana mengatakan, pantauan pihaknya sepekan ini di Pasar sentral Bantaeng, Harga daging ayam, telur ayam, dan daging sapi relatif masih stabil.

“Daging ayam rata-rata dijual dengan harga Rp 60 ribu/kg, telur ayam Rp 43 ribu/kg, dan daging sapi  Rp 120 ribu/kg,” ucap Bernadeth Birana saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (13/07/2021) sore.

“Sudah beberapa hari ini harga daging ayam stabil, malahan kemarin berangsur turun dari asalnya Rp 60 ribu/kg, sekarang Rp 40 ribu/kg. Biasanya seminggu jelang Idul Adha suka naik, sekarang mah stabil,” tambahnya.

Dikatakan Bernadeth, menurunnya harga daging ayam ini diduga karena banyaknya pasokan, sementara permintaan menurun sebagai dampak dari mewabahnya virus korona (Covid-19).

“Untuk daging sapi, harganya juga relatif stabil yakni Rp 120 ribu/kg. Meski begitu ia memprediksi harga kedua jenis daging ini akan mengalami kenaikan mendekati Idul Adha,” ujarnya.

“Bisa besok atau lusa harga naik. Kalau daging sapi biasanya naik Rp 10 ribu/kg. Untuk daging ayam saya ngga tau kenaikannya berapa, karena sekarang kan kondisinya beda, ada korona,” bebernya.

Sementara untuk komoditas sayuran, beberapa diantaranya ada yang mengalami penurunan harga. Diantaranya, tomat dari asalnya Rp 13 ribu/kg, turun menjadi Rp 12 ribu/kg.

“Wortel harganya juga turun dari asalnya Rp 19 ribu/kg menjadi Rp 12 ribu/kg, bawang merah dari Rp 15 ribu/kg, bawang putih dari Rp 25 ribu/kg menjadi Rp 30 ribu/kg, dan mentimun juga turun dari 10 ribu/kg menjadi Rp 7 ribu/kg. Yang naik hanya kentang yakni dari Rp 15 ribu/kg, jadi Rp 16 ribu/kg,” terangnya.

Ia mengaku untuk komoditi sayuran tidak tepengaruh pada momen-momen tertentu, seperti Idul Adha dan Idulfitri. “Kalau sayuran mah tergantung dari pasokan aja. Sekarang banyak sayuran yang harganya turun, karena lagi panen. Dan permintaan juga menurun sejak pandemi, kecuali untuk kentang sedikit naik karena banyak yang hajatan,” ungkapnya

Sementara Adi, seorang warga mengaku bersyukur karena harga sejumlah bahan pokok masih stabil.

“Ya harganyanya masih dalam batas-batas kewajaran. Mudah-mudahan akan tetap stabil dan tidak terjadi lonjakan harga yang memberatkan masyarakat menjelang perayaan Hari Raya Qurban ditengah situasi corona seperti saat ini,” ujar Adi warga  Bantaeng.

Pewarta: Ramli | Editor: Redaksi

Pos terkait