Pemerintah Bantaeng lakukan skrining kesehatan di perbatasan Bulukumba

  • Whatsapp
Pemerintah Bantaeng lakukan skrining kesehatan di perbatasan Bulukumba
Pemerintah Bantaeng lakukan skrining kesehatan di perbatasan Bulukumba

Bantaeng, aksaranews.com Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan skrining atau pemeriksaan kesehatan bagi pemudik yang melintas di wilayah perbatasan antara Bantaeng dan Bulukumba di desa baruga Bantaeng, Selasa (11/05/2021) pagi.

Kepala Dinkes Bantaeng selaku juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bantaeng, dr. Andi Ihsan menjelaskan, kegiatan hari ini merupakan kegiatan rutin posko penyekatan Bantaeng bagi pemudik.

Bacaan Lainnya

“Seperti pemeriksaan gula dara, tekanan darah, kolesterol, asam urat dan yang lain kita juga melakukan pemeriksaan test urine narkoba. Sebanyak 9 orang yang sudah melakukan pemeriksaa skrining,” ujar dr. Andi Ihsan.

Kata Ihsan, pemeriksaan ini juga untuk memberikan jaminan kepada warga dan memastikan mereka dalam keadaan sehat. Selain itu juga dilakukan pemeriksaan tekanan darah.

“Jadi kalaupun hasil pemeriksaannya dalam keadaan tidak stabil, atau tidak fit, maka akan ada imbauan yang dilakukan oleh tim kami kepada mereka,” tuturnya.

“Jadi prinsipnya kita akan berikan jaminan bagi mereka yang melintas, bahwa alhamdulillah mereka tidak positif,” tambah dr. Andi Ihsan.

Adapun kata dia, pemeriksaan tersebut kesehatan pemudik dilakukan secara acak, mulai tanggal 6 Maret sampai 17 Maret  2021. “Kemudian untuk hari-hari berikutnya akan dilakukan secara langsung,” pungkas Andi Ihsan

Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan mudik, lebaran di kampung halaman saja. Hal ini bertujuan untuk menjaga keluarga kita yang dalam keadaan sehat.

“Sebab dikhawatirkan, jangan sampai kita membawa penyakit kepada keluarga kita sendiri. Apalagi kalau ada keluarga kita yang mengalami penyakit tumor hit,” tutupnya.

Pewarta: Ramli | Editor: Redaksi

Pos terkait