Pemerintah Bantaeng dapat bantuan Rp 7 miliar dari Gubernur Sulsel

banner 120x600

Bantaeng, aksaranews.com Pemerintah Kabupaten Bantaeng mendapat kucuran anggaran dari Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman sebesar Rp 7 miliar.

Bantuan diserahkan Andi Sudirman Sulaiman kepada Bupati Bantaeng, Dr. H. Ilham Azikin di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (20/06/2022).

Adapun peruntukannya untuk infrastruktur (Pembangunan Cekdam) Bantaeng dan air baku Kasiping. Tujuannya sebagai pengendali banjir yang terjadi setiap musim hujan, bahkan akhir-akhir ini.

Selain pembangunan Cekdam, dana tersebut, juga akan digunakan untuk program penanganan stunting.

Diketahui bahwa, Cekdam tersebut, sudah ada sejak 15 tahun silam. Namun demikian Cekdam ini, mengalami kerusakan pasca terjangan banjir kala itu dan belum diperbaiki hingga sampai saat ini.

Cekdam ini merupakan salah satu pengendali banjir di sejumlah titik diantarnya, wilayah
Cabodo, Be’lang dan Sasayya termasuk wilayah Terminal pasar baru.

Dimana bantuan Rp. 7 Milliar tersebut, dibenarkan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bantaeng, Andi Sjafruddin Magau, bahwa benar adanya bantuan keuangan itu.

Kata dia, bahwa bantuan ini berdasarkan proposal yang di ajukan Pemerintah Kabupaten Bantaeng, Kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Dengan tujuan, untuk penanganan banjir jangka menengah.

“Jadi dengan adanya bantuan keuangan tersebut, nantinya kita akan aktifkan kembali Cekdam Kasiping di Borongganjeng yang selama ini mengalami kerusakan”, ujarnya.

Lebih lanjut ia, mengungkapkan bahwa, Insya allah dalam waktu ini, kita lakukan perbaikan (Pembangunan) Cekdam Kasiping. Sebab ini merupakan salah satu pengendali banjir.

“Selain pengandali banjir, Cekdam ini juga. Berfungsi sebagai penyedia air baku untuk PDAM”, pungkasnya.

Sekedar diketahui, Bahwa lokasi  Cekdam Kasiping ini tidak jauh dari PDAM. Dimana nantinya akan di gunakan sistem pompanisasi untuk mendukung ketersediaan air baku.

Jadi Cekdam tersebut, juga nantinya akan menjadi salah satu fasilitas pengendali banjir di Bantaeng. Meski demikian, bukan berarti Cekdam ini bisa mengendalikan banjir hingga 100 persen. Tapi setidaknya bisa meminimalisir banjir di kawasan perkotaan, (***).

Pewarta: Ramli | Editor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.