Pembukaan MTQ ke-VII di Boltim berlangsung meriah dan khidmat

Wakil bupati boltim, Oskar Manoppo membuka secara resmi pelaksanan MTQ ke-VII Kabupaten Boltim (Foto: aksaranews.com/Riswan Hulalata)
banner 120x600

Boltim, aksaranews.com Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-VII tingkat Kabupaten Boltim, Kamis (19/05/2022).

Kegiatan keagamaan ini dilaksanakan di Lapangan Gogaluman, Desa Tutuyan, Kecamatan Tutuyan, Kabupaten Boltim, Sulawesi Utara.

Wakil Bupati Boltim Oskar Manoppo, mewakili Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto membuka secara resmi pelaksanaan MTQ ke-VII yang dilaksanakan selama 3 hari terhitung, 19-21 Mei 2022.

MTQ kali ini mengusung tema, dengan MTQ ke – VII tingkat Kabupaten Boltim tahun 2022 kita tingkatkan minat baca dan pemahaman AlQur’an menuju generasi Qurani cerdas dan berakhlak mulia untuk Boltim yang lebih religius dan bermartabat.

Dalam sambutannya, Oskar Manoppo menyampaikan bahwa kegiatan MTQ telah melekat dalam kultur masyarakat. Kegiatan religius tersebut merupakan agenda setiap tahun oleh pemeritah daerah hingga pemerintah pusat.

“Bagi Pemkab Boltim sendiri, kehadiran MTQ selalu memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat. Mengingat acara ini selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi pendorong dalam mempercepat pembangunan di daerah,” sebut Oskar Manoppo.

Mantan sekretaris Daerah Pemkab Boltim ini juga mengatakan, MTQ juga memiliki peranan dalam membangun mental spiritual dan akhlak bangsa.

“Dan yang tak kalah pentingnya adalah, MTQ sebagai wadah utuk menumbuhkan kecintaan dan menggairahkan masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami Al-Quran sebagai petunjuk dan pedoman hidup,” terangnya.

Kepada para peserta yang merupakan utusan dari tiap-tiap kecamatan, Wabup Oskar Manoppo mengimbau agar mengikuti seluruh proses kompetisi ini dengan baik. Begitu juga dengan warga masyarakat yang menyaksikan langsung kegiatan ini, diyakininya akan mendapatkan kesejukan batin dengan mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Al-Quran.

“Melalui MTQ dalam bebagai cabang keilmuan Al-Quran yang diselenggarakan secara berjenjang, diharapkan tidak hanya disikapi sebagai rutinitas seremonial belaka melainkan harus mampu menjadi momentum strategis dalam mewarnai pelaksanaan pembangunan dan perilaku kehidupan masyarakat dengan nilai-nilai Qur’ani,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Boltim, Aswin Kiay Demak menyampaikan salam hormat dari Kakanwil Sulut yang belum berkenan hadir karena ada kegiatan di tingkat provinsi.

“Kami dari Kementerian agama memberikan apresiasi yang setinggi-tinggi nya kepada Pemkab Boltim dan juga teritama kepada panitia pelaksanaan MTQ, karena MTQ yang terlaksana pada siang hari ini, MTQ tingkat Kabupaten taoi nuansanya terasa seperti MTQ tingkat Provinsi Sulut,” kata Aswin Kiay Demak.

Ia pun mengapresiasi kepada panitia yang membuat MTQ kabupaten serasa tingkat Provinsi. Apalagi Kabupaten Boltim belum pernah menjadi tuan rumah gelaran tahunan ini, sehingga, menjadi batu loncatan untuk Boltim bisa menjadi tuan rumah di tahun mendatang.

“Apresiasi kepada panitia, dan ini bisa merupakan jawaban dari pada doa yang di idamkan Boltim yang dulu di idamkan oleh masyarakat Kabupaten Boltim yang ketika kami bertugas di Provinsi minta menjadi tuan rumah, ini pertanda Insya Allah di waktu yang tepat, apalagi masjid agung akan dibangun, kita doakan pak Bupati, wakil bupati bisa mewujudkan Boltim menjadi tuan rumah tingkat Sulut,” ucapnya.

Kegiatan pembukaan MTQ ini dihadiri Kapolres Boltim AKBP I Dewa Agung Nyoman Surya Negara dan Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Boltim, Aswin Kiay Demak, para asisten, serta sejumlah ASN dan pejabat Pemkab Boltim.

Adapun pelaksanaan MTQ ke – VII tingkat Kabupaten Boltim diikuti 126 peserta dengan berbagai jenis lomba.

Dari Kecamatan Kotabunan 18 peserta, Kecamatan Tutuyan 23 peserta, Kecamatan Motongkad 14 peserta, Kecamatan Nuangan 17 peserta, Kecamatan Modayag 16 peserta, Kecamatan Modayag Barat 32 peserta dan Kecamatan Mooat 5 peserta.

Pewarta: Riswan  | Editor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.