Ini sosok konglomerat yang beri rumah Rp 7,1 miliar ke Greysia Polii dan Apriyani Rahayu

  • Whatsapp
Greysia Polii dan Apriyani Rahayu. (Foto: Ist)

Jakarta, aksaranews.com Nama Aguan alias Sugianto Kusuma tentu tidak asing lagi di telinga para konglomerat tulen di Indonesia.

Pasalnya, big boss pendiri properti Agung Sedayu Group ini sudah malang melintang selama puluhan tahun di kancah perbisnisan nasional.

Crazy rich Indonesia turunan Tionghoa ini lahir di Palembang, 10 Januari 1951. Aguan, seperti dilansir dari makassar.terkini.id, Minggu 8 Agustus 2021, sukses membesut sejumlah proyek prestisius di Tanah Air.

Mulai dari perumahan, perkantoran dan apartemen, hingga kawasan niaga dan industri berhasil ia kembangkan menjadi sentra ekonomi baru yang menunjang kawasan di sekitarnya.

Beberapa yang paling dikenal antara lain Taman Anggrek Residence, Kelapa Gading Square, Puri Mansion, Ancol Mansion, Grand Galaxy, hingga kawasan pergudangan di Green Sedayu Biz Park

Sugianto Kusuma alias Aguan. (Foto: Ist)

Pengusaha yang gemar bermain golf ini memulai usahanya di awal dekade 1970-an. Kala itu, proyek pertama yang ia garap adalah membangun hunian yang berkonsep ganda, yaitu sebagai rumah dan toko atau ruko.

Hokinya mengalir deras, Aguan dengan Agung Sedayu Group seolah tidak terbendung. Pesanan untuk mengerjakan sarana properti lainnya terus ia dapatkan.

Bisa ditebak, tokoh filantropi yang banyak berkecimpung dalam aktivitas sosial Yayasan Buddha Tzu Chi ini semakin tajir. Segala bisnis yang dijalankan suami dari Li Ping itu terus menggurita hingga hari ini.

Dalam kehidupan profesional, Aguan tercatat pernah menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama PT Bank Artha Graha Tbk. Kemudian, di periode 2004 ia dipercaya untuk ambil bagian dalam memimpin Bank Inter-Pasific Tbk.

Cerita unik terjadi ketika ia melakoni profesi sebagai bankir. Kala itu, Bank Inter-Pasific berhasil diakuisisi perusahaan lamanya, yaitu Bank Artha Graha satu tahun berselang. Konon, sosok Aguan dipercaya sebagai tokoh kunci yang mengawinkan dua lembaga jasa keuangan tersebut.

Kini, Aguan diketahui menduduki posisi strategis di PT Jakarta International Hotels and Development Tbk sebagai presiden komisaris.

Teranyar, Aguan dikabarkan menghibahkan aset properti bernilai total Rp 7,1 miliar di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 kepada peraih emas Olimpiade Tokyo 2020, yaitu Greysia Polii dan Apriyani Rahayu sebagai apresiasi atas keberhasilan meraih emas di pesta olahraga dunia tersebut.

Berdasarkan keterangan resmi dari Agung Sedayu Group pada Jumat 6 Agustus 2021, disebutkan kedua atlet itu akan diberikan unit yang berlokasi di Pasir Putih Residences, Villa 5, Jalan Sanur 1, Pantai Indah Kapuk 2 dengan nilai masing-masing Rp 3,55 miliar.

Fasilitas hunian mewah itu dikatakan memiliki kelengkapan taman, gazebo, waterplay untuk anak-anak, lintasan jogging track, dan bicycle track sepanjang kurang lebih 2,5 kilometer, serta sarana pendukung lainnya.

Penulis/Editor: Tim Redaksi

Pos terkait