Hari Ini Dalam Sejarah

  • Whatsapp
Hideki Tojo, Jenderal dari Tentara Kekaisaran Jepang (IJA) yang menjabat sebagai Perdana Menteri Jepang dan Presiden Asosiasi Bantuan Pemerintahan Kekaisaran untuk sebagian besar dari Perang Dunia II.

Kilas Balik, aksaranews.com – Tanggal 18 Juli adalah hari ke-199 (hari ke-200 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian.

Banyak peristiwa bersejarah yang perlu kita ketahui. Sebagai bahan edukasi untuk pembaca, berikut redaksi sajikan sejumlah peristiwa bersejarah Dunia yang terjadi pada hari ini.

Bacaan Lainnya

18 Juli (9 Tamus) Tahun 586 SM, Milenium ke-1, Abad ke-6 SM, Dasawarsa 580-an SM : Sejarah mencatat dihancurkannya Yerusalem dan Bait Suci Salomo oleh Babel (pada tahun ke-19 pemerintahan Nebukadnezar II, raja Babel).

Babel adalah sebuah kota penting di Mesopotamia kuno yang merupakan ibu kota dari kerajaan dan kekaisaran Babilonia. Peninggalannya kini ditemukan di Al Hillah, Kegubernuran Babil, Irak, sekitar 85 kilometer selatan Baghdad.

18 Juli Tahun 390 SM, Milenium ke-1, Abad ke-4 SM, Dasawarsa 390-an SM : Sejarah mencatat terjadinya pertempuran Allia, perang antara Romawi dan Galia, dimana sepasukan tentara Romawi berhasil dikalahkan oleh orang – orang Galia. Disebut pertempuran Allia karena pertempuran ini berlangsung di dekat sungai Allia.

18 Juli Tahun 64 Masehi, Milenium ke-1, Abad ke-1, Dasawarsa 60-an : Sejarah mencatat kebakaran besar terjadi diluar kendali yang membakar musnah Roma, di pertokoan di sekeliling Circus Maximus. Istana Nero, Kuil Jupiter Stator dan Kuil Vesta juga hancur dalam kebakaran itu. Sementara Kaisar Romawi, Nero dilaporkan hanya memainkan sajaknya dan bernyanyi sambil menyaksikan lautan api dari jarak yang aman.

18 Juli 1195 : Sejarah mencatat terjadinya pertempuran Alarcos. Pertempuran antara Muhawidun (Almohad) yang dipimpin Khalifah Abu Yusuf Ya’qub Al-Mansur bersama beberapa kavaleri Kastilia pimpinan Pedro Fernández de Castro melawan Raja Kastilia Alfonso VIII. Pemimpin Almohad berhasil mendapatkan kemengangan besar atas Raja Kastile Alfonso VIII.

18 Juli 1785 : Sejarah mencatat bentuk Galaksi Bimasakti (Milky Way) diidentifikasi oleh William Herschel, astronom Inggris.

18 Juli 1830 : Sejarah mencatat, Uruguay yang merupakan Negara kecil di Amerika Latin untuk pertama kalinya menyusun konstitusi.

18 Juli 1857 : Sejarah mencatat Louis Faidherbe, gubernur Prancis untuk Senegal, tiba di Kayes untuk membantu pasukan Prancis menghadapi perang melawan Umar Tall di Prancis dan berhasil memenangkannya.

18 Juli 1873 : Sejarah mencatat Oscar II dari Swedia-Norwegia dinobatkan menjadi Raja Norwegia di Trondheim.

Pos terkait