Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

AKSARA, Kilas Balik – Tanggal 06 Agustus adalah hari ke-218 (hari ke-219 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian. Banyak peristiwa bersejarah yang perlu kita ketahui. Sebagai bahan edukasi untuk pembaca, berikut redaksi sajikan sejumlah peristiwa bersejarah Dunia yang terjadi hari ini.

Tahun 610, Milenium ke-1, Abad ke-7, Dasawarsa 610-an : Sejarah mencatat diangkatnya Muhammad, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, menjadi rasul terakhir oleh Allah Subhanahu Wata’ala di Gua Hira dan menerima wahyu pertama, yaitu Surah Al-Alaq ayat 1-5. Muhammad adalah seorang nabi dan rasul terakhir bagi umat Muslim. Muhammad memulai penyebaran ajaran Islam untuk seluruh umat manusia dan mewariskan pemerintahan tunggal Islam. Muhammad sama-sama menegakkan ajaran tauhid untuk mengesakan Allah sebagaimana yang dibawa nabi dan rasul sebelumnya.

Bacaan Lainnya

06 Agustus 1890 : Sejarah mencatat dijatuhkannya hukuman mati kepada William Kemmler karena telah membunuh pasangan kumpul kebonya Matilde “Tillie” Ziegler pada tanggal 29 Maret 1889 dengan kapak. William Kemmler dihukum mati dengan kursi listrik. Hukuman mati tersebut sekaligus menjadikannya orang pertama yang dieksekusi dengan kursi listrik.

06 Agustus 1945 : Sejarah mencatat dijatuhkannya sebuah bom atom bernama Little Boy oleh pesawat Amerika, Enola Gay di Hiroshima, Jepang pada pukul 8:16 pagi, dan langsung menewaskan 80.000 orang serta menyebabkan kematian 60.000 lainnya. Peristiwa tersebut terjadi pada akhir masa perang dunia kedua.

06 Agustua 1991 : Sejarah mencatat dirilisnya berkas – berkas yang menerangkan suatu ide mengenai World Wide Web (WWW) oleh Tim Berners-Lee. Salah satu kontribusi terbesar Berners-Lee dalam memajukan World Wide Web adalah dengan tidak mempatenkannya sehingga masih dapat digunakan secara bebas. Pada 16 Juli 2004 dia diberi gelar kehormatan KBE oleh Ratu Elizabeth II sebagai penghormatan atas jasa-jasanya. KBE atau Knight atau Dame Commander (KBE atau DBE), Order of the British Empire (Ordo Imperium Britania) adalah ordo ksatria dari negara/kerajaan Britania Raya yang mulai diberikan sejak 4 Juni 1917 oleh Raja George V.

06 Agustus 1997 : Sejarah mencatat dibelinya saham-saham milik Apple Computer seharga US$150 juta oleh Microsoft, sebuah perusahaan multinasional yang mengembangkan, membuat, memberi lisensi, dan mendukung berbagai produk dan jasa terkait dengan komputer. Perusahaan yang berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat itu, didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tanggal 4 April 1975. menurut pendapatannya, Microsoft merupakan salah satu perusahaan paling bernilai di dunia.

06 Agustus 1997 : Sejarah mencatat jatuhnya Korean Air Penerbangan 801 di perbukitan Nimitz, Asan, Guam. sebuah wilayah pulau Amerika Serikat. Penerbangan 801 itu biasanya diterbangkan oleh Airbus A300, sejak Korean Air telah menjadwalkan penerbangan 05-06 Agustus untuk mengangkut atlet Guamanian ke Pasifik Selatan Mini Games di Samoa Amerika, perusahaan penerbangan yang menunjuk HL7468, sebuah Boeing 747-300 dikirim ke Korean Air pada 12 Desember 1984, untuk terbang rute malam itu. Berdasarkan data yang terhimpun, penumpang pesawat itu mencapai 237 orang dengan awak kabin 17 orang, dimana 228 orang dinyatakan tewas. Sedangkan 26 orang mengalami cedera, 16 orang diantaranya selamat dengan luka-luka.

(Sumber: wikipedia.org)

Pos terkait