Hari ini dalam sejarah

  • Whatsapp
Doc Istimewa

Kilas Balik, aksaranews.com – Tanggal 07 Agustus adalah hari ke-219 (hari ke-220 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian. Banyak peristiwa bersejarah yang perlu kita ketahui.

Sebagai bahan edukasi untuk pembaca, berikut redaksi sajikan sejumlah peristiwa bersejarah Dunia yang terjadi pada hari ini.

Bacaan Lainnya

07 Agustus 1669 : Sejarah mencatat puncak pergolakan masyarakat Pauh dan Koto Tangah melawan Belanda dengan menguasai Loji-Loji Belanda di Muaro, Padang.

Peristiwa tersebut diabadikan sebagai tahun lahir kota Padang. Padang adalah kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatra dan ibu kota provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Kota ini merupakan pintu gerbang barat Indonesia dari Samudra Hindia. Padang merupakan kota inti dari pengembangan wilayah metropolitan Palapa.

Sejarah Kota Padang tidak terlepas dari peranannya sebagai kawasan rantau Minangkabau, yang berawal dari perkampungan nelayan di muara Batang Arau lalu berkembang menjadi bandar pelabuhan yang ramai setelah masuknya Belanda di bawah bendera Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC).

Semasa penjajahan Belanda, kota ini menjadi pusat perdagangan emas, teh, kopi, dan rempah-rempah. Memasuki abad ke-20, ekspor batu bara dan semen mulai dilakukan melalui Pelabuhan Teluk Bayur.

07 Agustus 1945 : Sejarah mencatat BPUPKI berganti nama menjadi Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau PPKI yang diketuai oleh Ir. Soekarno. Panitia yang bertugas untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Izin pembentukan badan ini diberikan oleh Hisaichi Terauchi, seorang marsekal Jepang yang berada di Saigon. Badan ini dibentuk sebelum MPR ada.

07 Agustus 1949 : Sejarah mencatat Sekarmaji Marijan Kartosuwiryo memproklamasikan Negara Islam Indonesia di Tasikmalaya, mengawali pemberontakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia.

Darul Islam atau DI yang artinya adalah “Rumah Islam” adalah kelompok Islam di Indonesia yang bertujuan untuk pembentukan negara Islam di Indonesia. Kelompok ini mengakui syariat islam sebagai sumber hukum yang valid. Gerakan ini telah menghasilkan pecahan maupun cabang yang terbentang dari Jemaah Islamiyah ke kelompok agama non-kekerasan. Gerakan ini bertujuan menjadikan Republik Indonesia yang saat itu baru saja diproklamasikan kemerdekaannya dan ada pada masa perang dengan tentara Kerajaan Belanda sebagai negara teokrasi dengan agama Islam sebagai dasar negara.

Dalam proklamasinya bahwa “Hukum yang berlaku dalam Negara Islam Indonesia adalah Hukum Islam”, lebih jelas lagi dalam undang-undangnya dinyatakan bahwa “Negara berdasarkan Islam” dan “Hukum yang tertinggi adalah Al Quran dan Sunnah”.

07 Agustus 1960 : Sejarah mencatat Pantai Gading merdeka. sebuah negara di Afrika Barat yang berbatasan dengan Liberia, Guinea, Mali, Burkina Faso, dan Ghana di sebelah barat, utara dan timur serta dengan Teluk Guinea di sebelah selatan. Sebagai salah satu negara termakmur di wilayah tropis Afrika Barat, perkembangan ekonominya telah dikikis oleh kekacauan politik yang ditimbulkan oleh korupsi dan penolakan reformasi

07 Agustus 1994 : Sejarah mencatat sejumlah penulis dan wartawan muda berkumpul di Sirnagalih, Bogor, Jawa Barat, mendeklarasikan berdirinya Aliansi Jurnalis Independen (AJI). Sebuah organisasi profesi jurnalis, yang didirikan menyusul adanya pembredelan tiga media; Detik, Tempo, dan Editor pada 21 Juni 1994, selain itu sebagai upaya untuk membuat organisasi jurnalis alternatif diluar PWI karena saat itu PWI dianggap menjadi alat kepentingan pemerintah Soeharto dan tidak betul-betul memperjuangkan kepentingan jurnalis.

Sumber: wikipedia.org

Pos terkait