Bupati Ilham Azikin jelaskan penanganan banjir di wilayah Bantaeng

  • Whatsapp
Bupati Ilham Azikin saat menunjukkan peta revitalisasi sungai kepada Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (foto: ist)

Bantaeng, aksaranews.com Bencana banjir yang kerap melanda sejumlah wilayah di Bantaeng menjadi perhatian serius  Bupati Bantaeng Dr. H. Ilham Azikin.

Bupati yang bergelar doktor ini bakal merevitalisasi sejumlah sungai untuk mengantisipasi terjadinya banjir tahunan yang kerap terjadi hampir setiap musim hujan itu.

Bacaan Lainnya

“Langkah utama dan strategis dalam mengatasi banjir adalah berupaya revitalisasi sungai yang menjadi penyebab banjir. Langkah ini harus digalakkan Pemkab dan masyarakat bantaeng,” kata Ilham Azikin, Jumat (09/07/2021).

Selama ini kata Bupati, dirinya kerap mengecek dan meninjau sejumlah sungai yang menjadi salah satu penyebab banjir di wilayah bantaeng. Hasilnya, masih banyak ditemukan beberapa tumpukan sampah.

“Di lapangan, masih banyak sungai yang terlihat tumpukan sampah memenuhi sungai. Itu memicu aliran air tidak bisa lancar,” ungkapnya.

Menurutnya, Salah satu langkah dalam menangani banjir adalah merevitalisasi sungai. Caranya dengan melakukan pengerukan sejumlah sungai yang mulai mengalami pendangkalan.

“Tentu pengerukan sungai itu harus dilakukan secara berkala dan kontinyu. Tujuannya, agar tingkat kedalaman sungai tetap terjaga. Dampaknya, sungai mampu menampung air secara maksimal, khususnya ketika musim penghujan. Bahkan aliran sungai bisa lancar,” tegas Bupati Ilham.

Sementara, Plt Gubernur Provinsi Sulawesi  Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman di dampingi Bupati Ilham Azikin saat meninju lokasi mengungkapkan bahwa dirinya bersama jajaran Pemprov Sulsel datang untuk membahas penanganan banjir.

Pos terkait