Bupati Ilham Azikin intens pantau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 oleh HMPB

  • Whatsapp
Foto Istimewa

Bantaeng, aksaranews.com – Bupati Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Dr. H. Ilham Azikin melakukan pemantauan secara intensif pelaksanaan vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Pelajar Bantaeng (HMPB), bertempat di SMA Negeri 4 Bantaeng, Senin (26/07/2021).

Kepada wartawan aksaranews.com, Bupati Ilham menjelaskan bahwa, pemantauan dilakukan untuk memastikan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 berjalan sesuai harapan dan target yang telah ditetapkan.

Bacaan Lainnya

“Di Bantaeng sendiri setidaknya 70 persen dari jumlah penduduk harus mendapatkan vaksin Covid-19 sehingga kegiatan masyarakat nantinya bisa longgar prokes. Namun hingga kini baru sekitar 20 persen penduduk yang telah mendapatkan vaksin,” jelas Bupati Ilham.

Dikatakannya, jika seseorang telah divaksin maka akan terbentuk kekebalan dalam tubuhnya. Meskipun baru vaksin pertama, dipastikan akan dapat menjadi stimulus pembentuk imunitas tubuh. Proses tersebut menurutnya akan terus berlangsung dalam waktu 28 hari hingga vaksin akan terbentuk menjadi antibodi.

Dirinya pun menerangkan bahwa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng bersama instansi terkait lainnya tentu akan berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan kegiatan vaksinasi Covid-19 terhadap masyarakat agar dapat memberikan kekebalan kelompok atau herd immunity dalam upaya pencegahan penyebarannya.

“Kegiatan vaksinasi ini harus dilakukan secara penuh untuk masyarakat, agar di dalam tubuh kita antibodinya menjadi kuat untuk bisa melawan Corona. Dengan demikian diharapkan secepatnya sebagian besar warga Bantaeng bisa mendapatkan vaksin dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Makanya, kami senantiasa memantau secara intensif pelaksanaan vaksinasi covid-19 ini,” Terang Ilham.

Senada dengan itu, Ketua Umum HMPB, Mabrur, S.ip mengungkapkan bahwa, bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantaeng dengan sejumlah Vaksinator dari Puskesmas Kota dan Puskesmas Lasepang serta berbagai unsur dalam mendukung kegiatan vaksinasi ini, pihaknya berupaya berpartisipasi aktif dalam percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

“Kami berupaya berpartisipasi aktif dan bekerjasama dengan pemerintah dalam hal ini dinas terkait guna percepatan kegiatan vaksinasi Covid-19 di Bantaeng. Harapannya, Lewat kerja sama pemerintah daerah dan dinas kesehatan ini, dapat memberikaan dampak baik terutama untuk menekan penyebaran pandemi di Bantaeng.

Dirinya menambahkan, kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan di SMA Negeri 4 Bantaeng ini, menargetkan peserta sebanyak 200 pelajar yang akan di vaksin. Namun, berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Media ini menyebutkan bahwa, jumlah peserta vaksin melebihi dari target yang ditetapkan.

“Kami cukup respon dan berterima kasih kepada para pelajar yang antusias dalam kegiatan vaksinasi tersebut. Dan kami berharap pelajar kabupaten bantaeng agar bersama-sama tuntaskan vaksinasi yang merupakan agenda nasional. Kita berdoa bersama agar pandemi segera berlalu,” tambah Mabrur.

Turut hadir mendampingi Bupati Bantaeng dalam kesempatan tersebut antara lain, Kapolres Bantaeng AKBP Rachmat Sumekar, Dandim 1410/Bantaeng Letkol Arm Gatot Awan Febrianto dan Kepala Dinas kesehatan, serta sejumlah OPD Bantaeng.

Pewarta: Ramli | Editor: Redaksi

Pos terkait