Bupati Ilham Azikin buka peluang investasi di kawasan industri Bantaeng

  • Whatsapp

Bantaeng, aksaranews.com Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) membuka kesempatan bagi investor untuk ikut mengelola dan mengembangkan potensi Kawasan Industri Bantaeng (KIBA) di berbagai sektor.

“Kami membuka diri bagi para investor untuk ikut mengelola dan mengembangkan potensi yang sudah dimiliki Kabupaten Bantaeng” ujar Bupati Ilham Azikin dalam paparnya melalui virtual pada acara South Sulawesi Investment Challenge yang merupakan program Pemprov Sulsel dan Bank Indonesia (BI) di Aula Mall Pelayanan Publik (MPP) Bantaeng, Senin (13/09/2021).

Bacaan Lainnya

Bupati Ilham mengatakan Pemkab Bantaeng saat ini telah memiliki program pembangunan di bidang pariwisata yang tentunya memerlukan banyak investor untuk mempercepat pembangunan tersebut.

Menurutnya Bantaeng memiliki sejumlah destinasi wisata dan beberapa di antaranya sudah menjadi unggulan.

Selain itu, bantaeng juga terkenal di kalangan wisatawan melalui wisata Pantai Seruni, Wisata Marina, Kebun Strobery, dan Permandian Eremerasa, air terjunnya bissappu serta lainnya.

Tidak hanya itu, selain potensi wisata, bantaeng juga memiliki beberapa potensi unggulan di bidang pertanian yang mencapai 36,59 %, hal ini dikarenakan tanah di Kabupaten.

“Bantaeng sangat cocok untuk memproduksi hasil pertanian dan perkebunan. Komoditi unggulan yang dihasilkan meliputi padi, pisang, kopi dan lain-lain. Apalagi saat ini, Bantaeng sudah memiliki beberapa produk yang sudah diakui oleh masyarakat luas,” papar Bupati.

Lanjut ia menambahkan bahwa, saat ini ada beberapa tenant yang ada di KIBA. Di antaranya adalah perusahaan dari Korea Selatan yang berniat untuk membangun pelabuhan di KIBA. Ada pula PT Prisma Pusaa Artaraya untuk kesiapan air bersih untuk air baku dan sanitasi.

“Kemudian Ketersediaan energi listrik, IPAL dan sebagainya akan menjadi daya tarik untuk investasi kami di KIBA,”kata Ilham

Syukur Alhamdulillah kita juga dapat apresiasi sejumlah dewan juri terhadap rencana pengembangan KIBA di kabupaten bantaeng.

Salah satunya berasal dari Gatot Subyargo Wijayadi dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI. ia menyebut, kawasan ini cukup kompleks dan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas.

Adapun fasilitas yang dimiliki diantaranya gedung bangunan padat, instalasi air limbah dan kawasan Balai Latihan Kerja (BLK).

“Seperti kita ketahui Bantaeng ini adalah merupakan kabupaten kecil yang kuat sekali rencana pembangunannya. Ini adalah salah satu program strategis nasional. Kita di BKPM RI akan siap memberikan bantuan untuk rencana ini”, tutupnya.

Pewarta: Ramli | Editor: Redaksi

Pos terkait