Bank sampah inovasi DLH Bantaeng jaga kebersihan lingkungan

  • Whatsapp

Bantaeng, aksaranews.com Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui Dinas lingkungan Hidup (DLH) Bantaeng terus berupaya untuk menata lingkungan agar kabupaten bantaeng rapi, indah dan bersih jauh dari sampah.

“Tentu ini menjadi Prioritas kami Kedepannnya dalam menciptakan Bantaeng bersih dari sampah, yang dilakukan setiap hari maupun hari Jum’at,”ungkap Kepala Dinas DLH Kabupaten Bantaeng, Nasir Awing Kepada Aksaranews.com saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (26/08/2021) siang.

Bacaan Lainnya

Kata dia, Salah satu upaya dimaksud adalah dengan mengoptimalkan keberadaan bank sampah yang ada pada lingkungan atau kawasan perumahan warga yang tersebar di sejumlah titik di kabupaten bantaeng.

Yang menjadi fokus kami, yakni mengoptimalkan bank sampah yang ada disejumlah titik baik di wilayah taman pantai seruni, taman samping post lantas polres bantaeng, dan taman perbatasan bantaeng- jeneponto, objek wisata maupun pusat kota dan sekitarnya.

“Kita telah melaksanakan kembali kegiatan bank sampah di perumahan dan sejumlah titik lainnya, sehingga masyarakat dapat memilah dan menukarkan barang di bank sampah,” katanya.

Lebih lanjut ia menambahkan, bahwa masyarakat juga perlu diberikan edukasi dengan manfaatkan bank sampah. Dimana dalam proses penukaran sampah pada bank sampah akan terjadi proses daur ulang sampah yang telah dipilah oleh masyarakat, menjadi sebuah produk yang bermanfaat hingga bernilai ekonomis.

Dengan demikian, penanganan pengurangan sampah di Kabupaten Bantaeng dapat ditangani, dan peran bank sampah yang telah ada dapat terangkul dengan baik hingga ke tempat pembuangan akhir sampah.

“DLH memiliki program 3R yakni reduce kegiatan mengurangi sampah, reuse menggunakan kembali barang-barang bisa pakai dan recycle mendaur ulang sampah menjadi bahan bermanfaat,” jelasnya.

Kemudian ditambah support dari pemerintah daerah, dengan berbagai fasilitas yang diberikan kepada kami. “Guna menciptakan bantaeng bersih dari kotoran sampah,” ujarnya.

Terakhir ia, juga menghimbau kepada semua  stockholder dan masyarakat bantaeng agar tidak buang sampah ditempat sembarang, karena sudah ada disediakan bank sampah di sejumlah titik. Selain itu, ia juga mengajak para kepala desa/lura untuk bersinergi dalam menciptakan Bantaeng bersih dari sampah.

Sekedar diketahui bahwa, Khusus petugas kebersihan saja 246 orang ditambah seluruh petugas Dinas DLH lainnya, jadi total keseluruhan 389 orang semuanya. Kemudian mobil Petugas DLH itu, baik Mobil Roda empat dan enam sebanyak 14 unit mobil, ditambah bantuan dari CSR Bank Sulselbar dan PT. Huadi sebanyak sebanyak 16, serta kami memiliki juga 13 mobil lainnya ditambah alat berat 2 unit.

Pewarta: Ramli | Editor: Redaksi

Pos terkait