aksara news
Ikhtiar mencerdaskan informasi bergizi

Akses jalan menuju lokasi wisata Pantai Batu Buaya Boltim amblas

Sejumlah personil Koramil tengah standby di lokasi jalan menuju lokasi wisata Pantai Batu Buaya Boltim yang amblas (Foto: Istimewa)

Boltim, aksaranews.com Akses jalan menuju lokasi wisata tanjung cemara pantai batu buaya, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Jumat (15/07/2022) pagi amblas.

Amblas atau putusnya akses jalan dari desa Iyok, Kecamatan Nuangan, menuju tempat wisata pantai batu buaya ini diakibatkan gelombang air laut yang tinggi dan curah hujan sejak malam hari.

Tak hanya amblas, akses jalan satu-satunya menuju lokasi wisata tersebut yang berada di sepanjang pesisir pantai Iyok juga mengalami abrasi yang kini mengancam pemukiman warga.

Menurut penuturan warga setempat, terputusnya akses jalan akibat gelombang air laut yang tinggi dan curah hujan yang terjadi sejak malam hingga pukul 05.00 wita dinihari.

“Puncaknya itu sekitar jam 5. Karena jam 4, saya langsung membawa anak dan istri bersama puluhan kambing (ternak) ke kampung. Begitu saya balik, beberapa titik jalan sudah ambruk,” ungkap Maming Sesu, peternak kambing yang tinggal di tepi pantai Iyok.

Meski tidak ada kerugian materil, Maming khawatir gelombang pasang akan terus mengikis kawasan pantai yang kandang ternaknya berada kurang dari dua meter dari titik terparah.

Selain itu, kondisi tersebut juga menurutnya tidak hanya merusak jalan, tetapi mengancam ratusan pohon kelapa, termasuk kawasan pemukiman di pesisir pantai Iyok.

“Ini saja sudah ada tiga pohon kelapa yang roboh. Dan kalau terus dibiarkan, kampung bisa saja tenggelam, kalau sampai air laut ini masuk ke telaga besar,” bebernya.

Adapun sejak pukul 10.00 Wita pagi, sejumlah personel Babinsa Ramil 05 Kotabunan nampak berada di lokasi dengan menurunkan alat berat excavator untuk melakukan pengerukan pasir dari pantai untuk menimbun jalan yang putus.

Sementara untuk saat ini, akses jalan hanya bisa dilewati kendaraan roda dua sedangkan untuk roda empat saat ini tidak bisa dilewati.

Pewarta: Riswan │ Editor: Redaksi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.