Air bersih untuk warga Desa Pattallassang Bantaeng

  • Whatsapp
Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Desa dalam memenuhi kebutuhan air bersih tersebut melalui adanya program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang dibuat tahun 2020.

Bantaeng, aksaranews.com Pemerintah Desa Pattallassang Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) memberikan bantuan Water Meter sambungan rumah untuk warga.

Kepala Desa Pattallassang Subhan, SE. MM mengatakan, Program penyedian sarana air bersih adalah merupakan komitmennya untuk menjadikan desa pattallassang sebagai desa sehat terutama dalam pemenuhan air bersih masyarakat terutama bagi masyarakat yang kurang mampu.

Bacaan Lainnya

“Sebab air bersih merupakan kebutuhan pokok manusia. Apalagi dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya air bersih dalam memenuhi kebutuhan harian, baik untuk dikonsumsi maupun untuk keperluan lainnya seperti mandi, mencuci maupun untuk hewan peliharaan serta penyiraman tanaman,” kata Subhan Kepada media ini, Kamis (26/08/2021).

Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Desa dalam memenuhi kebutuhan air bersih tersebut melalui adanya program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang dibuat tahun 2020.

“Bantuan Water meter Penyambungan Sambungan Rumah (SR) yang diberikan kepada warga sebanyak 200 unit, bagi masyarakat yang kurang mampu yang salama ini disetiap tahun sulit untuk mendapatkan air bersih sehingga program ini kita lakukan semata mata membantu masyarakat Pattallassang,” terangnya.

Diketahui bahwa bantuan meteran air ke warga ini betul-betul tidak ada biaya dari warga satu sen pun.

“Kemudian sisanya saya akan programkan sumur bor insyah allah yang tidak ada mata air tersedia saya ushakan sumur bor demikian mohon doanya semua semoga semua program ” ucapnya.

Apalagi disaat ekonomi masyarakat menjerit, kita sebagai pemerintah harus hadir supaya keluhan masyarakat kita bisa terjawab termasuk desa pattallassang ini kita genjot untuk pencegahan stunting tentunya harus ada ketersedian air bersih.

Lanjut Subhan menambahkan bahwa insyah allah tahun depan mata air paggi pollo bisa juga kita benahi sehingga sudah 80% warga bisa menikmati air bersih melalui perpipaan dari mata air.

“Selain itu, kita juga akan merehabilitasi tahun depan mata air kalabbong yang bisa dinikmati lagi oleh masyarakat dua dusun yaitu kampung parang dan masarang dan anggaran yang disetujui oleh pusat sekitar 900 juta,”  tutupnya.

Pewarta: Ramli | Editor: Redaksi

Pos terkait