80 Desa di Boltim belum memiliki situs web

  • Whatsapp
Website Desa menuju Desa Digital

Boltim, aksaranews.com Sebanyak 80 Desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sulawesi Utara (Sulut) belum memiliki website.

Hal ini menimbulkan tanda tanya, sebab website untuk desa merupakan representasi pemerintah desa di dunia digital, khususnya internet.

Bacaan Lainnya

Kepala Bagian Aplikasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Boltim, Satriadi Tunggil, membenarkan 80 Desa di Boltim belum memiliki website.

“Baru 1 Desa yang sudah ada website, Desa Bukaka, sisanya belum ada website,” ungkap Satriadi Tunggil kepada wartawan aksaranews.com, baru-baru ini.

Meski begitu Kata Satriadi, tahun 2022 pihaknya akan memfasilitasi 80 Desa dalam pembuatan website resmi didukung Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).

“Tahap awal baru 20 Desa, sisanya diakhir tahun 2022. Pembuatan website semuanya gratis, untuk operator kita beri pelatihan,” ucapnya.

Nantinya tambah Satriadi, operator pengelola website pada masing-masing desa wajib dibuatkan SK dari Sangadi setempat, baru boleh mengikuti pelatihan.

Adapun tersedianya website untuk desa dapat mendorong masyarakat desa untuk terus berinovasi dalam berbagai bidang, sehingga nantinya akan berdampak baik dari sisi ekonomi ataupun dari sisi pemberdayaan masyarakat.

Hal ini juga mendukung program Kementerian Desa dan Kementerian Kominfo agar setiap Desa memiliki Website dalam mempromosikan potensi Desa.

Pewarta: Riswan | Editor: Redaksi

Pos terkait